Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Singaraja, balipuspanews.com — Kabupaten Buleleng khususnya Kota Singaraja kembali menjadi tuan rumah even nasional. Kali ini, Kota Singaraja didaulat menjadi tuan rumah etape III Jelajah Sepeda Nusantara. Jelajah Sepeda Nusantara ini merupakan kegiatan untuk pembudayaan gemar berolahraga dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Penunjukan Buleleng atau Kota Singaraja sebagai tuan rumah etape III Jelajah Sepeda Nusantara tersebut disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Prestasi (Binpres) Pemuda, Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Nyoman Heriadi, S.Pd saat membuka rapat persiapan Jelajah Sepeda Nusantara di Kabupaten Buleleng, Selasa (30/10).

Nyoman Heriadi menjelaskan Jelajah Sepeda Nusantara ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora untuk lebih membudayakan kebiasaan berolahraga pada masyarakat Indonesia. Kegiatan ini semula hanya akan dilakukan di 70 kota termasuk Kota Singaraja. Namun, mengingat antusias kota lain untuk menjadi tuan rumah, jumlah tersebut berkembang menjadi 120 kota.

“Jelajah sepeda nusantara ini sudah berlangsung dari bulan Mei 2018 dan akan berakhir pada tanggal 18 November 2018,” jelasnya.

Jelajah Sepeda Nusantara sendiri merupakan penjelajahan nusantara oleh sebuah tim dengan memakai sepeda dari ujung barat sampai dengan ujung timur dan dari ujung utara sampai ujung selatan Indonesia. Kegiatan ini sudah berjalan dua etape dan etape ketiga akan dimulai dari Kota Singaraja yang ditunjuk langsung oleh Kemenpora RI. “Awalnya kita ditunjuk sebagai penyelenggara acara puncak dan garis finish di Kota Singaraja. Namun kemudian Kabupaten Buleleng atau Kota Singaraja menjadi start etape ketiga menuju ke Jakarta,” kata Heriadi.

Heriadi menambahkan kegiatan pelepasan etape ketiga Jelajah Sepeda Nusantara di Kabupaten Buleleng akan dirangkaikan dengan kegiatan olahraga yang bersifat missal yaitu fun bike dan fun run. Untuk fun bike akan diselenggarakan sejauh 10 kilometer dan 20 kilometer. Sedangkan untuk fun run akan diselenggarakan sejauh 5 kilometer. Peserta yang sudah mendaftar sampai saat ini berjumlah 1700 orang dari slot yang disediakan sejumlah 2000 orang. Pendaftaran akan dibuka sampai dengan 31 Oktober 2018. Bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri secara online di website Disdikpora Kabupaten Buleleng.

“Kita rangkaikan dengan fun bike 10 kilometer, fun bike 20 kilometer dan fun run 5 kilometer. Sampai hari ini sudah 1700 orang yang mendaftar dari 2000 slot peserta yang disediakan,” pungkasnya.

Untuk diketahui pelepasan etape III Jelajah Sepeda Nusantara, fun bike, dan fun run akan dilepas pada tanggal 4 November 2018 di depan Lapangan Ngurah Rai Singaraja. Untuk fun bike 10 kilometer akan menempuh rute Jalan Ngurah Rai, ke utara menuju jalan A.Yani, masuk ke Pantai Penimbangan, Keluar menuju Desa Pemaron, Desa Baktiseraga, Jalan Sudirman, Jalan Udayana dan finish kembali di Jalan Ngurah Rai. Untuk fun bike 20 kilometer rutenya sama namun keluar dari Pantai penimbangan menuju ke arah barat ke Jalan Seririt Singaraja, menuju Pantai Lovina, keluar dari pantai Lovina menuju Jalan Desa Kalibukbuk Anturan, menuju Desa Baktiseraga, Jalan Sudirman, Jalan Udayana, dan finish di Jalan Ngurah Rai. Sedangkan untuk fun run 5 kilometer start dari Jalan Ngurah Rai menuju ke utara ke Jalan A.Yani menuju Jalan Sudirman, Jalan Udayana dan finish kembali di Jalan Ngurah Rai.

Advertisement

Tinggalkan Komentar...