Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBulelengBuleleng Usulkan Tambahan WiFi Gratis Untuk Belasan DTW

Buleleng Usulkan Tambahan WiFi Gratis Untuk Belasan DTW

BULELENG, balipuspanews.com – Usai tuntas sejak Mei 2022 lalu. Kini Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng kembali mengusulkan pemasangan jaringan layanan internet gratis di beberapa titik kepada Pemerintah Provinsi Bali.

Untuk usulan itu pun jika terealisasi, diharapkan bisa dipasang kembali di sejumlah titik khususnya daerah tujuan wisata (DTW) di Kabupaten Buleleng yang hingga kini dari 44 lokasi baru terpasang wifi gratis hanya sebanyak 26 titik.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfosanti Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan, layanan WiFi gratis di Buleleng sudah terpasang di 215 titik. Diantaranya terpasang di desa adat sebanyak 169 titik, 26 titik pada DTW, dan 20 Puskesmas. Dari keseluruhan titik itu telah terpasang secara keseluruhan dan selesai sekitar Mei 2022.

“Jadi semuanya sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan internet sehari-hari dan itu gratis tanpa password,” ungkap Suarmawan saat ditemui beberapa hari lalu.

Anggaran pengadaan internet berasal dari dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dengan program Bali Smart Island sebanyak Rp1,27 miliar. Dimana dari bantuan ini titik pemasangan WiFi sudah ditentukan langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

BACA :  Kunjungi TK Negeri Pejukutan, Dewan Temukan Sekolah Tidak Miliki Toilet

Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Buleleng imbuh Suarmawan sudah memberikan layanan internet gratis di dua titik yakni di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno dan di Taman Kota Singaraja dimana layanan bisa dimanfaatkan antara 100-200 user.

Bahkan terbaru Kominfosanti juga tengah melaksanakan kerjasama tanpa mengeluarkan anggaran sedikitpun dengan salah satu perusahaan penyedia layanan internet dengan jumlah titik sekitar 60 lokasi seperti Banjar Adat hingga Balai Banjar khususnya di Kota Singaraja.

Melihat jumlah titik layanan internet gratis yang sudah terpasang hampir merata di setiap Kecamatan maka, Suwarmawan berharap kepada masyarakat agar selalu bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga apabila internet dipakai untuk hal positif tentu masyarakat diharapkan bisa semakin produktif.

“Layanan internet gratis ini kita dari pemerintah berharap agar bisa di memanfaatkan sebaik-baiknya, baik untuk mendukung proses belajar mengajar anak-anak, kegiatan kepemudaan, olahraga dan juga kegiatan karang taruna,” harap Suarmawan.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular