Selasa, Februari 27, 2024
BerandaBulelengBulfest, Promosikan Potensi Kearifan Lokal Khas Buleleng

Bulfest, Promosikan Potensi Kearifan Lokal Khas Buleleng

Singaraja, balipuspanews.com – Ragam potensi khas Kabupaten Buleleng di pamerkan dalam ajang Bulfest. Tercatat, 150 stand ikut meramaikan ajang Bulfest yang telah menginjak pada tahun kelima.

Aneka produk kerajinan tangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) serta pameran kuliner khas Buleleng terbagi dalam beberapa zona.

Pihak panitia pun telah merpersiapan set up khusus pembagian zona untuk stand para pelaku usaha. Zona tersebut dibagi empat, yakni areal Parkir Timur Kantor Bupati, Parkir Barat DPRD Buleleng dan jalan Pahlawan yang dipergunakan untuk zona Industri kecil dan menengah.

Nah, bagi pengunjung yang ingin mencicipi kuliner khas Buleleng, bisa langsung mencicipi aneka hidangan khas tersebut di stand kuliner, terletak di zona Jalan Veteran hingga Jalan Gunung Agung Timur.

Koordinator stand IKM Bulfest Ketut Suparto mengatakan dari 150 stand, ada 54 stand kuliner dan 96 stand IKM. Khusus stand IKM diisi kerajinan souvenir kayu, ukiran, bambu, alumunium, kain endek dan distro.

“Stand tahun ini lebih banyak dari penyelenggaraan sebelumnya. Jika tahun lalu stand kuliner hanya berjumlah 30 stand, sekarang kami siapkan sebanyak 54 stand. Soalnya stand kuliner penjualannya cukup bagus. selain itu stand IKM juga kami siapkan sebanyak 96 stand,” kata Suparto, Kamis (3/8) pagi.

BACA :  Jelang Galungan, Bupati Tamba Pastikan Ketersediaan Elpiji Aman

Ketika disinggung terkait target perputaran uang, Suparto menjelaskan dalam Bulfest ke lima ini tak terlalu mentargetkan hal tersebut.

Meski demikian, pihaknya tetap berupaya untuk selalu mengupdate perputaran uang setiap hari selama Bulfest digelar.

“Kami tidak menarget perputaran uang. Kalau tahun lalu sekitar 1 milyar lebih. Tapi tahun ini kami tidak menarget, hanya saja dari sisi stand kami tambah dengan harapan perputaran uang semakin banyak, dan minimal lebih banyak lah dibanding tahun lalu,” jelasnya.

Suparto yang juga menjabat Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Buleleng berharap dengan digelarnya Bulfest, setidaknya kerajinan yang berkembang di Buleleng mulai mendapat pangsa pasar lebih luas lewat promosi selama Bulfest berlangsung.

“Bulfest ini kan momennya bagus bagi industri kecil dan menengah untuk memperkenalkan produk khas Buleleng kepada masyarakat domestik dan mancanegara,” ungkapnya.

Senada, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana sangat mengapresiasi persiapan panitia dalam hajatan Buleleng Festival tahun ini.

Bulfest pada tahun ini, sambung Bupati Agus memang secara khusus difokuskan untuk mengenalkan, dan mempromosikan kembali potensi-potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Buleleng.

BACA :  Pastikan Daging Layak Konsumsi, Disperpa Badung Periksa Kesehatan 1.531 Ekor Babi, Libatkan 62 Dokter Hewan dan 100 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Udayana

“Sesuai tema Bulfest kali ini, The Power Of Buleleng fokus untuk memaksimalkan, mengutamakan, dan mempromosikan produk-produk IKM, kesenian, kuliner dari Buleleng. Salah satunya kuliner misalnya, ragam hidangan berbahan dasar daging kerbau juga dihadirkan dalam Bulfest,” singkat Bupati Agus dihubungi melalui telepon.

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular