Jumat, Februari 23, 2024
BerandaBulelengBUMDes Desa Tunjung Beri Pinjaman Modal Warganya Untuk Kerja Diluar Negeri

BUMDes Desa Tunjung Beri Pinjaman Modal Warganya Untuk Kerja Diluar Negeri

BULELENG, balipuspanews.com – Jika biasanya masyarakat kebingungan mencari agen terpercaya sekaligus modal untuk berangkat atau bekerja keluar negeri sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Hal berbeda justru terjadi di Desa Tunjung, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng. Dimana warga disini justru difasilitasi sekaligus diberikan pinjaman modal oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar bisa bekerja di luar negeri sebagai PMI.

Ketua BUMDes Tunjung Mekar Dewa Made Rupawan menjelaskan jika Pemerintah Desa melalui BUMDes Tunjung Mekar telah menjalin kerjasama dengan sejumlah agen penyalur tenaga kerja yang ada di Denpasar dan Tabanan.

Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir atau ragu terkait kemungkinan bisa tertipu, sebab kedua agen tersebut telah legal. Nantinya masyarakat Desa Tunjung yang ingin bekerja ke luar negeri tentunya akan diberikan pinjaman tanpa jaminan/agunan dengan bunga hanya satu persen.

“Sampai saat ini tercatat 30 orang angkatan kerja muda baru yang sudah difasilitasi keberangkatannya bekerja ke luar negeri (kapal pesiar),” ungkapnya saat dikonfirmasi Rabu (20/4/2022).

Disinggung soal sejak kapan program tersebut dimulai, Rupawan yang juga mantan pekerja kapal pesiar ini menyebutkan jika program telah dijalani sejak tahun 2018. Bahkan untuk saat ini sudah akan mencapai gelombang ke-empat untuk pemberangkatan pekekerja keluar negeri. Dimana para calon pekerja diberikan pinjaman maksimal Rp 50 Juta yang nantinya akan dicicil usai mendapat pekerjaan di luar negeri.

BACA :  Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa Ikuti Wawancara Paritrana Award Provinsi Bali Tahun 2024

Namun selain memberikan pinjaman modal serta menyediakan agen penyalur yang legal dan terpercaya. Ia mengatakan jika para pekerja atau masyarakat yang sebagian besar merupakan tamatan SMA dan SMK terlebih dahulu diberikan sebuah pelatihan salah satunya pelatihan berbahasa inggris secara gratis di rumahnya.

“Kami bina bahasanya, kalau sudah sesuai standar, tidak ada limit waktu. kami kirim ke agen untuk seleksi. Ada program kapal pesiar dan kirim ke Jepang. Kami hanya fasilitasi dana dan menjembatani supaya bisa ketemu agen,” terangnya.

Dengan adanya program tersebut Ia pun berharap adanya bantuan pinjaman dengan bunga yang ringan dan tanpa jaminan atau agunan ini nantinya bisa berimbas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Tunjung.

“Mudah-mudahan dengan adanya program ini, Desa bisa menekan angka pengangguran. Bahkan demikian tingkat kemiskinan menurun,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular