Kamis, Juni 20, 2024
BerandaBolaBungkam Dortmund 2-0 di Final, Real Madrid 15 Kali Jawara Liga Champions

Bungkam Dortmund 2-0 di Final, Real Madrid 15 Kali Jawara Liga Champions

DENPASAR, balipuspanews.com – Real Madrid sukses mengamankan piala Liga Champions ke-15 nya setelah membungkam Borussia Dortmund 2-0 dalam laga final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (2/6/2024) dini hari.

Klub Spanyol berjulukan Los Blancos itu telah berhasil mengamankan juara Liga Champions sejak tahun 1955/56, 1956/57, 1957/58, 1958/59, 1959/60, 1965/66, 1997/98, 1999/2000, 2001-02, 2013/14, 2015/16, 2016/17, 2017/18, 2021/22, dan sampai saat ini yakni 2023/24.

Kemenangan yang diraih Real Madrid ini berkat gol dari Dani Carvajal dan Vinicius Junior.

Jalannya pertandingan:
Pertandingan final yang berlangsung di Wembley ini mempertontonkan permainan yang sama kuat. Kedua kesebelasan terus melakukan jual beli serangan.

Selama berjalannya pertandingan Dortmund sukses memberikan tembok yang kokoh terhadap penyerangan Madrid.

Tidak hanya melakukan pertahanan, klub asal Jerman itu juga terus melakukan bombardir serangan. Gempuran-gempuran serangan yang dilakukan oleh anak asuh Edin Terzic hampir membuahkan hasil. Sayang tendangan keras dari Fullkrug membentur tiang gawang Madrid.

Sampai turun minum, skor tidak mengalami perubahan dan tetap 0-0.
Pertandingan dilanjutkan ke babak kedua.

BACA :  APBD Semesta Berencana Tahun 2023 Terealisasi 6,77T, dari Target 7,24 Triliun

Berjalan 2 menit jalannya pertandingan babak kedua, Madrid mendapatkan tendangan bebas setelah Vinicius Junior dilanggar. Tendangan yang dieksekusi Toni Kroos nyaris membuahkan gol, tetapi masih bisa diamankan Gregor Kobel.

Madrid kembali mendapat peluang pada menit ke-57. Kali ini Carvajal melepaskan tendangan menyusul sundulan Schlotterbeck saat membuang bola. Namun, bola hasil tendangannya di kotak penalti diblok oleh Maatsen dan diselamatkan kiper Kobel.

Reus dan kawan-kawan juga melakukan gempuran serangan. Pada menit ke-63, Dortmund kembali membuat peluang. Upaya umpan manis yang diberikan Karim Adeyemi dan ditanduk Fullkrug di kotak penalti masih belum berhasil mengubah kedudukan.

Di menit ke-66, Bellingham dan kawan-kawan kembali menggempur gawang Dortmunt. Umpan Toni Kroos yang disambut dengan sundulan oleh Vinicius masih melebar dari sasaran.

Menit ke-70, Dortmund nyaris kebobolan akibat blunder yang dilakukan kiper Gregor Kobel. Saat mengantisipasi tendangan Vinicius dia tak melihat keberadaan Bellingham yang nyaris menanduk bola ke gawang. Peluang ini gagal membuahkan gol karena Bellingham gagal menjangkau bola.

BACA :  Pedagang Pindang Beralih Profesi jadi Pengoplos Gas, Jual Tabung Rp 200 Ribu

Pada menit ke-71, Dortmund menajamkan pembangunan serangannya dengan memasukkan Marco Reus dan menarik keluar Karim Adeyemi.

Setelah gempuran yang terus dilakukan. Real Madrid akhirnya berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-0. Gol tercipta di menit ke-74 melalui sundulan Dani Carvajal yang memanfaatkan umpan sepak pojok yang dikirim Toni Kross.

Dua menit kemudian Real Madrid nyaris menggandakan kedudukannya. Sayang tendangan keras dari Bellingham masih melebar dari mistar.

Pada menit ke-79, Gregor Kobel berhasil melakukan save terhadap tendangan bebas dari Kroos yang tepat mengarah ke mulut gawang.

Beberapa saat kemudian Madrid kembali membuat peluang. Kali ini, Camavinga melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti dan nyaris menghasilkan gol. Upayanya gagal membuahkan gol lantaran ditepis Kobel.

Real Madrid menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-83. Gol tercipta karena kesalahan pemain belakang Dortmund. Kesalahan tersebut kemudian langsung dimanfaatkan oleh Bellingham yang memberikan assis kepada Vinicius. Vinicius kemudian merangsek pertahanan lawan dan melepaskan tendangan kaki kiri. Bola sempat mengenai tangan Kobel, tetapi tetap bersarang di gawang Dortmund. Skor pun berubah 2-0.

BACA :  Polresta Serahkan Bantuan Air Bersih Berupa Sumur Bor di Banjar Seblanga

Menit ke-86, Fullkrug sempat menjebol gawang Madrid. Namun, wasit menganulir gol ini karena menganggap striker timnas Jerman ini sudah berada dalam posisi offside saat menanduk bola ke gawang.

Hingga pluit berakhirnya pertandingan dibunyikan, skor tetap menjadi 2-0 untuk kemenangan Real Madrid. Dan menjadikan Los Blancos menjuari Liga Champions untuk ke-15 kalinya.

Susunan pemain final Liga Champions Borussia Dortmund vs Real Madrid:

Borussia Dortmund (4-2-3-1):
Gregor Kobel, Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Ian Maatsen, Marcel Sabitzer, Emre Can, Jadon Sancho, Julian Brandt, Karim Adeyemi, Niclas Fullkrug

Pelatih: Edin Terzic

Real Madrid (4-3-2-1):
Thibaut Courtois, Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Nacho ,Ferland Mendy, Toni Kroos, Eduardo Camavinga, Federico Valverde, Jude Bellingham, Rodrygo, Vinicius Junior

Pelatih: Carlo Ancelotti

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular