Selasa, Juli 16, 2024
BerandaNasionalJakartaBungkam Filipina 2-0, Garuda Muda Torehkan Sejarah Baru

Bungkam Filipina 2-0, Garuda Muda Torehkan Sejarah Baru

DENPASAR, balipuspanews.com– Sejak ditangani oleh Shin Tae-yong, Garuda Muda terus menunjukkan peningkatan yang cukup pesat. Terkini, Timnas Indonesia sukses mencatatkan sejarah pertama di tanah air.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde ketiga. Dimana Indonesia sendiri sampai saat ini masih menjadi negara satu-satunya yang berasal dari Asia Tenggara.

Kemenangan ini sekaligus mengunci Timnas Indonesia untuk tampil di ajang Piala Asia 2027 mendatang.

Keberhasilan ini tak terlepas dari kemenangan Timnas Indonesia melawan Filipina yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Senayang, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Pada pertandingan itu, Timnas Garuda meraih kemenangan dengan skor 2-0. Gol diciptakan oleh Thom Haye di menit ke-31, dan Rizky Ridho di menit ke-55.

Hasil ini membuat langkah Garuda semakin mendekat untuk tampil di Piala Dunia 2026 yang bakal berlangsung di AS, Kanada, dan Meksiko.

Sepanjang pertandingan, Timnas Indonesia berhasil mendominasi permainan hingga pertandingan usai. Tim asuhan Shin Tae-yong itu berhasil melontarkan tembakan sebanyak 20, dengan tembakan mengarah ke gawang sebanyak 7.

BACA :  Sembilan Mobil Tertimpa Atap Parkiran Indomaret, Tidak Ada Korban Jiwa

Dalam penguasaan bola, Timnas Indonesia juga lebih mendominasi dari Filipina. Dimana penguasaan bola Timnas Indonesia 54 persen, sementara Filipina 46 persen.

Pergerakan umpan bola antarpemain, Indonesia mencatat 410 kali, dengan Filipina sebanyak 354 kali.

Dalam akurasi umpan, pemain Indonesia juga unggul 79% dibandingkan Filipina 76%.

Statistik tendangan sepak pojok, Indonesia 7 kali melakukannya, sementara Filipina 4 kali.

Namun untuk urusan pelanggaran, pemain Filipina jauh lebih banyak 11 kali dibandingkan Indonesia 9 kali.

Pemain Filipina juga tercatat 3 kali mendapat kartu kuning, sedangkan Indonesia hanya 1 kali.

Kemenangan ini memastikan Indonesia menempati posisi runner-up di grup F di belakang Irak. Posisi Indonesia juga tak terpengaruh dengan pertandingan terakhir di putaran kedua grup F antara Irak vs Vietnam yang berlangsung Rabu (12/6/2024) besok.

Di grup F, Indonesia menempati menjadi runner up dengan perolehan 10 poin, dari enam pertandingan. Pasukan Garuda berhasil mencatatkan kemenangan sebanyak 3 kali, 1 kali imbang, dan 2 kali kalah melawan Irak.

Sementara di puncak klasemen grup F
ditempati oleh Irak dengan perolehan 15 poin. Kemudian Vietnam di posisi ketiga dengan 6 poin menyisakan satu pertandingan melawan Irak, dan Filipina menempati posisi terbawah dengan mengoleksi 1 poin.

BACA :  MPLS, Disdikpora Klungkung Larang Sekolah Lakukan Perpeloncoan

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular