Senin, Juni 17, 2024
BerandaKarangasemBuntut Bule Lepas Celana di Puncak Gunung Agung, Desa Adat Besakih Akan...

Buntut Bule Lepas Celana di Puncak Gunung Agung, Desa Adat Besakih Akan Gelar Pecaruan

KARANGASEM, balipuspanews.com – Buntut aksi bule lepas celana di Puncak Gunung Agung Bali yang viral di media sosial menyebabkan Desa Adat Besakih bersikap. Pihak desa adat berencana akan menggelar prosesi pebersihan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih, I Gusti Mangku Jana saat ditemui awak media dikawasan parkir Manik Mas, Besakih, pada Jumat (24/3/2023).

“Ya, akan dilaksanakan pecaruan, kita akan rembugkan dulu kapan akan digelarnya,” ujar Gusti Mangku Jana.

Sebagai Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih, ia mengaku sangat menyayangkan apa yang dilakukan oleh oknum bule tersebut. Mengingat Gunung Agung merupakan Gunung yang sangat disucikan oleh umat Hindu di Bali.

Sementara itu, Guberur Bali, I Wayan Koster usai pengukuhan pengurus badan pengelola fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih mengatakan, terkait aksi oknum bule tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kemenkumham untuk menelusuri kapan kejadian tersebut berlangsung.

“Tadi saya dapat info, kejadiannya pada bulan Januari lalu, Bule ini sudah kembali ke negaranya. Atas aksi tersebut kita Pemerintah Provinsi Bali akan segera membuat surat edaran terkait aktivitas pendakian,” kata Koster.

BACA :  KemenPPPA Perkuat Kerjasama Penanganan Kasus TPPO

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular