Sabtu, April 20, 2024
BerandaKarangasemBuntut Oknum Bule Abaikan Kesucian, Pura di Karangasem Dijaga Ketat

Buntut Oknum Bule Abaikan Kesucian, Pura di Karangasem Dijaga Ketat

KARANGASEM, balipuspanews.com– Penjagaan dan pengawasan tempat suci seperti gunung dan pura di Kabupaten Karangasem akan diperketat sebagai upaya untuk mengantisipasi kelakuan nakal oknum bule yang datang berkunjung.

Rencana ini diutarakan oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana kepada awak media usai melaksanakan apel peringatan hari lahirnya Pancasila di Lapangan Tanah Aron, Karangasem pada Kamis (1/6/2023).

Menurutnya, rencana tersebut akan segera dirapatkan bersama stakeholder terkait mulai dari OPD, TNI, Polri, Pecalang, serta pihak desa adat sesuai dengan Edaran Gubernur Bali untuk menjaga kesucian tempat-tempat yang memang disucikan seperti Pura dan Gunung di Bali khususnya di Karangasem.

“Sesuai dengan Edaran Gubernur Bali, segera kita akan rapatkan dengan pihak terkait, seperti OPD, TNI/Polri, Pecalang, serta pihak desa adat untuk bersama-sama menjaga kesucian tempat-tempat yang memang disucikan pura dan gunung yang ada di Karangasem,” ujar Bupati Gede Dana.

Ia berharap, dengan adanya Edaran Gubernur Bali ini, kesucian, ketaksuan dan adat istiadat yang ada di Bali bisa tetap lestari. Jangan sampai akibat ulah oknum wisatawan yang tak bertanggung jawab nantinya menodai kesucian dan kesakralan tempat yang disucikan oleh umat hindu di Bali.

BACA :  1.935 P3K dan 25 PNS Lulusan PKN STAN Menerima SK Pengangkatan Dari Bupati Badung

Dengan adanya pengawasan yang ketat, Bupati Gede Dana berharap bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan serta kedepan tidak ada lagi oknum bule berulah ditempat suci seperti berpakaian tak senonoh maupun berbuat yang aneh-aneh.

Penulis: Gede Suartawan
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular