bupati Artha (pakai topi) cek pembangunan Pura Indrakusuma

NEGARA,balipuspanews.com- Pura Indrakusuma yang mewrupakan salahsatu dari enam Pura Dang Kahyangan yang ada di Jembrana pembanbgunanya sudah hamper rampung.

Untuk melihat kondisi bangunan di Pura yang berlokasi di desa Candikusuma, Melaya itu, Jumat (17/1) Bupati Jembrana I Putu Artha bersama beberapa pejabat melakukan pengecekan.

Setelah melihat kondisi Pura yang pernah Pretimanya pernah dicuri beberapa tahun lalu itu Bupati Artha menyampaikan, Pura Dang Kahyangan Indrakusuma merupakan satu dari enam Pura Dang Kahyangan yang ada di Jembrana yang juga mendapat renovasi pembangunan yang bersumber dari dana PHR, APBD dan juga dukungan donatur dari CSR.

“Hari ini kita lakukan pengecekan langsung ke Pura Indrakusuma, dan hasilnya sudah sangat baik dan luar biasa. Pembangunan tersebut kita lakukan agar sesuai dengan program yang kita canangkan untuk menjaga kelestarian dan kesucian pura – pura yang ada di Jembrana, dengan begitu tidak akan ada Pura yang tidak terurus dan sesuai dengan aturan dari Parisadha. Harapan kami kesadaran umat yang tangkil menghaturkan bhakti di Pura Indra Kusuma terus mengalami peningkatan.,”ujarnya.

Bupati Artha juga menyampaikan terkait dengan upacara pemelaspasan yang juga bersamaan dengan upacara ngenteg linggih akan diadakan bulan Oktober nanti, pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan Gubernur.

“Terkait upacara melaspas sekaligus ngenteg linggih nanti juga akan kita bantu dan kembali kita koordinasikan dengan Gubernur,”ungkapnya.

Sementara Pemangku Pura Dangkahyangan Indrakusuma Gusti Ngurah Suasana, menyampaikan Pura Dang Kahyangan Indrakusuma di empon oleh tujuh Desa Pekraman yang ada di Kecamatan Melaya, setelah mendapat bantguan pembangunan kondisinya sudah sangat bagus.

“Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan pemerintah. Dan semoga pembangunannya tuntas sebelum upacara melaspas dan ngenteg linggih awal Oktober,” ungkapnya. (nm/bpn/tim)