Bupati Badung Minta Tiga Pilar Utama Banjar Harus Dikuatkan saat Hadiri Karya di Br. Gulingan, Tegal Darmasaba

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri rangkaian Karya Ayu Ngenteg Linggih Wraspati Kalpa di Pelinggih Bhagawan Penyarikan, Bale Banjar Gulingan, Rabu (11/5/2022)
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri rangkaian Karya Ayu Ngenteg Linggih Wraspati Kalpa di Pelinggih Bhagawan Penyarikan, Bale Banjar Gulingan, Rabu (11/5/2022)

BADUNG, balipuspanews.com – Krama Banjar Gulingan, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, melaksanakan Karya Ayu Ngenteg Linggih Wraspati Kalpa di Pelinggih Bhagawan Penyarikan, Bale Banjar Gulingan. Puncak karya akan dilaksanakan pada Tumpek Wariga, Sabtu (14/5/2022).

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri rangkaian karya tersebut pada Rabu (11/5/2022) bertepatan dengan upacara mendak siwi lan melasti.

Pada kesempatan tersebut Bupati menandatangani prasasti karya dan menyerahkan dana punia secara pribadi sebesar Rp20 juta.

Hadir mendampingi Bupati, anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, Anggota DPRD Badung I Nyoman Gede Wiradana, I Made Ponda Wirawan, Ni Luh Putu Sekarini, Luh Kadek Suastiari dan Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa.

Baca Juga :  Indonesia Harus Mampu Menjadi Produsen Kendaraan Listrik

Giri Prasta menyampaikan terima kasih dan mengajak krama ngrastiti bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa semoga Beliau memberikan keselamatan dan kesejahteraan terlebih krama banjar Gulingan sedang melaksanakan karya yang utama.

“Kami merasa bangga melihat kekompakan krama gulingan, terlebih krama banjar yang lain juga ikut membantu karya ini. Yang terpenting yadnya didasari manah suci ning nirmala. Suksesnya karya suci ini akan menjadi warisan dan jembatan emas bagi anak cucu dikemudian hari,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Badung mengharapkan tiga pilar utama yang ada di banjar agar terus dikuatkan. Tiga pilar tersebut yakni anak-anak (wimuda), sekaa teruna (winata) dan orang tua (wiwerda).

Baca Juga :  Presiden Ingatkan Potensi Ancaman Resesi Global

“Bila tiga pilar ini bersatu kami yakin br. Gulingan akan lebih maju,” tambahnya.

Mengenai pembangunan balai banjar yang belum selesai, Bupati berkomitmen akan menyelesaikan pembangunan tersebut dan ditarget paling lambat tahun 2023 sudah selesai termasuk pembangunan lainnya yang ada di wilayah Darmasaba.

Manggala Karya I Made Kurun, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang telah membantu,  sehingga pembangunan balai banjar dapat terlaksana dengan baik meskipun belum rampung 100 persen.

Selain itu Karya Ayu yang dilaksanakan sudah menjadi kesepakatan krama banjar dan mendapat dukungan dari banjar yang lain seperti Br. Bucu, Baler Pasar, Telanga, Tengah dan Br. Bersih.

Krama Banjar Gulingan juga sepakat mengeluarkan urunan upakara guna menekan biaya upacara. Dudonan karya,  puncak karya bertepatan dengan tumpek wariga. Pada umanis piodalan dilanjutkan dengan upacara metatah yang diikuti 27 orang dan mepetik 14 orang.

Baca Juga :  Krisis Berlarut Beri Peluang Partai Baru Lolos ke Senayan

Penulis : Diah 

Editor : Oka Suryawan