Bupati Bangli Meninjau Pasar Murah di Lapangan Umum Desa Kayubihi

Bupati Sedana Artha tinjau pasar murah di lapangan umum Desa Kayubihi, Bangli
Bupati Sedana Artha tinjau pasar murah di lapangan umum Desa Kayubihi, Bangli

BANGLI, balipuspanews.com – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi anggota DPRD Bangli I Wayan Merta Suteja, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangli I Wayan Gunawan, dan Perbekel Desa Kayubihi meninjau langsung pelaksanaan Pasar Reguler dan Pasar Khusus (Pasar Murah) di Lapangan Umum, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli, Senin (3/10/2022).

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, kegiatan ini dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangli yang rencananya dilakukan sebanyak 30 kali sesuai dengan perencanaannya dalam rangka menekan inflasi di Kabupaten Bangli.

Dan sesuai dengan arahan memang 2 persen dari dana alokasi umum yang tersisa itu akan dialokasikan untuk menekan inflasi di Kabupaten Bangli dan ini dilakukan seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Pensiunan Guru SMP Ternama Ini Sebut JKN Sangat Bermanfaat

“Khusus Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan operasi pasar atau disebut juga pasar murah kepada seluruh masyarakat Bangli yang sudah dialokasikan sebanyak 30 tempat atau banjar yang tersebar di 4 kecamatan di Kabupaten Bangli.

Jadi pasar murah ini juga dilakukan di pasar seperti operasi pasar biasanya tetapi akan diadakan langsung ke banjar masing-masing, sehingga harga-harga yang ditampilkan disini itu lebih murah dari pada di pasar.

Sedangkan Pemerintah Kabupaten Bangli mensupport transportasinya bagi seluruh pedagang yang hadir di pasar murah ini sesuai dengan arahan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan mulai turunnya harga-harga sembako atau bahan-bahan pokok di Kabupaten Bangli, diharapkan daya beli dari masyarakat bisa semakin pulih.

Baca Juga :  Petani di Desa Bengkala Diajak Menanam Jagung Sorghum

“Selain itu, harapan kita tingkat inflasi di Kabupaten Bangli juga bisa lebih ditekan secara umum,” harap Sedana Arta.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangli I Wayan Gunawan menyampaikan, pasar murah ini dilaksanakan di 30 tempat yang tersebar di 4 kecamatan di Kabupaten Bangli.

Di masing-masing kecamatan di 3 bulan ini akan diambil sebanyak 10 kali, akan tetapi di Kecamatan Kintamani akan dilakukan lebih banyak yakni sebayak 3 kali dalam seminggu dikarenakan wilayah Kecamatan Kintamani lebih luas dibandingkan di 3 Kecamatan di Kabupaten Bangli.

“Kriteria tempat dilaksanakan pasar murah ini dilihat dari potensial untuk dilakukan pasar murah ini, dan kami juga berkoordinasi dengan para perbekel di desa masing-masing sehingga para perbekel bisa menentukan tempat untuk dilaksanakan pasar murah ini.

Baca Juga :  Cabor Muaythai Klungkung Sukses Raih Juara Umum di Ajang Porprov Bali 2022

Sementara jenis barang yang dijual di pasar murah diantaranya beras, bumbu-bumbuan, bawang merah, bawang putih, minyak, telor, sayur-sayuran, tepung dan jenis bahan pokok lainnya,” ungkap Wayan Gunawan.

Penulis : Komang Riski

Editor : Oka Suryawan