Bupati dan Ketua Forkopimda Mesilakrama ke Sejumlah Griya

Jajaran Forkopimda Jembrana melaksanakan Silakrama di berberapa griya yang ada di Jembrana
Jajaran Forkopimda Jembrana melaksanakan Silakrama di berberapa griya yang ada di Jembrana

JEMBRANA, balipuspanews.com- Menjelang hari raya Galungan dan Kuningan, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba bersama Forkopimda Jembrana melaksanakan Silakrama di berberapa griya yang ada di Jembrana.

Silakrama ini dilaksanakan sebagai penyucian lahir dan batin sekaligus memohon doa restu kepada para Pandita.

Pelaksanaan silakrama turut dihadiri Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi, Kajari Jembrana Salomina Meyke Salima, perwakilan Polres Jembrana, para asisten sekda Jembrana, camat Melaya, camat Negara, Camat Mendoyo, Kabag Kesra dan Kabag Prokopim Setda Kabupaten Jembrana.

Kegiatan diawali dari Griya Sigaran Manistutu, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya hingga ke Griya Sakti Madu Kesawa, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan, rangkaian kegiatan hari ini merupakan bagian daripada silakrama, yang intinya adalah memberikan ungkapan rasa terima kasih atas segala yang Ida Pandita doakan untuk kemajuan Jembrana dan untuk lestarinya Jembrana.

“Hari ini wajib kita berkunjung dan silakrama dengan beliau-beliau yang disucikan, Ida Pedanda semua yang berada di Kabupaten Jembrana. Hari ini baru bisa kita berjalan di lima griya. Nanti akan disusul kemudian, mudah-mudahan bisa tercapai dari seluruh griya yang ada di Jembrana bisa kita silakrama,” ujarnya.

Bupati Tamba juga memohon doa restu dalam melaksanakan tatanan pemerintahan di Kabupaten Jembrana demi tercapainya tujuan Jembrana yang bahagia.

“Silakrama ini tujuannya juga untuk mohon doa restu dalam rangka memimpin Kabupaten Jembrana dan menjalankan tugas-tugas pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan lancar menuju masyarakat Jembrana yang bahagia,” ungkapnya.

Ida Pedanda Putra Timbul dari Griya Kawi Sunia Desa Mendoyo Dauh Tukad, mewakili Pandita yang telah dikunjungi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana atas perhatiannya kepada para Pandita dan turut mendoakan agar program-program yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik untuk mewujudkan Jembrana Emas di Tahun 2026.

“Ida Pedanda mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana utamanya kepada bapak bupati bersama ibu beserta staf, Ida Pedanda mengucapkan selamat hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga masyarakat Jembrana sehat dan berbahagia,” ungkap Ida Pedanda Putra Timbul.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Jembrana, I Made Tarma mengatakan, kegiatan silakrama dalam menyambut hari Raya Galungan dan Kuningan akan dilaksanakan ke semua Griya yang ada di Jembrana sejumlah 64 Griya.

“Ada lima Griya yang dikunjungi, untuk selanjutnya akan kita kunjungi selama rangkaian hari raya Galungan dan Kuningan hingga nantinya semua griya bisa dikunjungi dalam rangka silakrama ini,” ujarnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan