Bupati Garut Rudy Gunawan saat tanam perdana bawang putih di Kampung Cigadog Desa Cigadog
Bupati Garut Rudy Gunawan saat tanam perdana bawang putih di Kampung Cigadog Desa Cigadog
sewa motor matic murah dibali

GARUT, Balipuspanews.com – Pemerintah Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat berupaya soal komoditi bawang putih sebagai pertumbuhan ekonomi masyarakat Garut, pihaknya bersama ratusan para petani mengajak bercocok tanam bawang putih agar bisa mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri minimal Jawa Barat.

Selama ini petani bawang putih hanya ada di wilayah Cikajang, Leles dan Cilawu Kabupaten Garut. Bupati Garut Rudy Gunawan mendorong petani Kampung Cigadog Desa CigadogKecamatan Sucinarada Kabupaten Garut untuk membuka lahan baru tanam bawang putih. Karena dinilai Kampung Cigadog Desa Cigadog selain lahannya luas juga subur untuk cocok tanam bawang putih.

Menurut Bupati Garut Rudy Gunawan saat tanam perdana bawang putih di Kampung Cigadog Desa Cigadog Jum’at (10/5/2019) menuturkan. Peluang pemsaran bawang putih di Indonesia masih cukup bagus. Sementara sekitar 14 persen kebutuhan bawang putih di Indonesia mampu dipenuhi, selebihnya masih di impor dari luar negeri.

“saya mendorong kepada para petani di Garut kembali menanam bawang putih, karena komoditi bawang putih sangat menjanjikan, sedangkan dilihat dari segi ekonomisnya kebutuhan bawang putih sanhat tinggi” ujarnya.

Cigadog sendiri menurut Rudy Gunawan merupakan daerah penghasil bawang putih dengan kwalitas cukup baik sejak lama. Namun kejayaannya tenggelam setelah terjadinya gunung galunggung meletus pada tahun 1982. Akibat dari abu fulkanik, tanam bawang putih tidak produktif.

Mulai sekarang Cigadog bangkit kembali sebagai produksi bawang putih, melalui petani Milineal mampu mengelola tanam bawang putih untuk mewujudkan tenggelamnya masa silam. Dengan tanam bawang putih, dipastikan pertumbuhan ekonomi akan lebih baik. Bisa mendongkak lajunya kemiskinan sehingga masyarakat hidup sejahtera.

Kabupaten Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat memiliki potensi pertimbuhan ekonomi yang sangat baik. Jika dikelola oleh pemerintah bersama masyarakat. Garut yang memiliki pegunungan, bukit dan pantai yang amat luas. Sehingga harus mempu dan berkembang dalam mengelola sektor pertanian maupun wisata.

“sekarang mulai kembali bangkit bercocok tanam bawang putih, agar Kabupaten Garut bisa mensuplay bawang putih ke seluruh Jawa Barat khususnya Kabupaten Garut. Lahan seluas 42 hektar telah dipersiapkan untuk kelompok tani, untuk ditanami bawang putih” pungkas Rudy Gunawan (Yadi/Bpn/Tim).

Tinggalkan Komentar...