Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara Ngeratep dan Melaspas Ida Sesuhunan Ratu Mas Alit Pura Dalam Alit Natar Sari

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri Upacara Ngeratep dan Melaspas Ida Sesuhunan Ratu Mas Alit Pura Dalam Alit Natar Sari, Banjar Batanbuah, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal Badung, Kamis (3/11/2022)
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri Upacara Ngeratep dan Melaspas Ida Sesuhunan Ratu Mas Alit Pura Dalam Alit Natar Sari, Banjar Batanbuah, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal Badung, Kamis (3/11/2022)

BADUNG, balipuspanews.com– Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri Upacara Ngeratep dan Melaspas Ida Sesuhunan Ratu Mas Alit Pura Dalam Alit Natar Sari, Banjar Batanbuah, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal Badung, Kamis (3/11/2022).

Selama kegiatan turut dihadir anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa serta unsur tripika Kecamatan Abiansemal, Perbekel Desa Dauh Yeh Cani I Made Budiana, bendesa Adat Dauh Yeh Cani, serta tokoh masyarakat setempat.

Upacara Ngeratep lan melaspas Ida Sesuhunan Ratu Mas Alit, Pura Dalam Alit Natar Sari dipuput oleh Ida Pedanda Isana Manuaba dari Griya Lebah Banjar Kedampal, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani.

Dalam kesempatan ini Bupati Badung memberikan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 225 juta, dan secara pribadi membantu Rp 15 juta, dan I Bagus Alit Sucipta Rp 10 juta.

Dalam Sambutannya Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta merasa bangga bisa hadir di tengah-tengah masyarakat pengempon Pura Dalam Alit Natar Sari, untuk menyerahkan bantuan sebesar Rp 225 juta untuk upacara Ngodakan Ida Sesuhunan Ratu Mas Alit.

Bantuan ini bertujuan untuk melestarikan adat, seni budaya, tradisi dan agama, sekaligus untuk meringankan beban masyarakat. Karena semua adalah umat sedharma dimana agama Hindu ini banyak sekali waktu habis di adat, banyak uang habis buat meyadnya.

“Maka dari itu saya selaku bupati Badung hadir ditengah-tengah masyarakat dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat dalam membantu pelaksanaan ngeratep dan melaspas Ida Sesuhunan Ratu Mas Sakti yang Berstana di Pura Dalam Alit Natar Sari,” ujarnya.

Sementara itu Manggala karya I Made Buda Yasa mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran Bapak bupati Badung, anggota DPRD Provinsi Bali dapil Badung, bersama undangan lainnya, dimana masyarakat melaksanakan Karya Ngeratep dan Melaspas Ida Sesuhunan Ratu Mas Alit, Pura Dalam Alit Natar Sari.

Upacara Mapahayu ring Pura Dalam Alit Natar Sari ini sudah terlaksana mulai dari Tanggal 2 Oktober 2022 untuk persiapan pelaksanaan upacara Ngetus/Nebes Prerai Ida Sesuhunan Ratu Mas Alit yang dilaksanakan Tanggal 6 Oktober 2022 dan tanggal 3 November 2022 puncak acara Ngeratep dan Melaspas Ida Sesuhunan Ratu Mas Alit.

Setelah itu dilaksanakan Nunas Yasa atau Pasupati yang bertempat di Pura Dalem Gede Desa Adat Abiansemal, pada Tanggal 5 November melaksanakan pemelastian ke Segara dan terakhir Tanggal 6 Oktober 2022 Ida Sesuhunan Ratu Mas Alit Napak Pertiwi bertempat Pura Dalam Alit Natar Sari, setelah itu Ida Sesuhunan Ngeluhur Utawi Nyineb.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan