Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan bedah rumah untuk Kabupaten Karangasem di Balai Banjar Munti Gunung, Desa Tianyar Barat, Rabu (11/9) kemarin.
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan bedah rumah untuk Kabupaten Karangasem di Balai Banjar Munti Gunung, Desa Tianyar Barat, Rabu (11/9) kemarin.
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Program “Badung Angelus Buana” Badung berbagi dari Badung untuk Bali merupakan tagline dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam membantu pembangunan fisik serta mensejahterakan masyarakat. Dengan mengimplementasikan program Nawacita dari Presiden RI, Bupati Badung ingin membangun Bali dari pinggiran seperti Buleleng dari SCTPB (Sidetapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa dan Banyusri) lanjut ke Kabupaten Jembrana, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Bangli. Dan pada, Rabu (11/9), menjadi giliran Kabupaten Karangasem mendapatkan bantuan bedah rumah dari Kabupaten Badung.

Bertempat di Balai Banjar Munti Gunung, Desa Tianyar Barat, sebanyak 9 Banjar Dinas mendapat bantuan bedah rumah diantaranya Br. Dinas Munti Gunung, Tirta Sari, Labuan Sari, Tegal Sari, Taman Sari, Samuh, Buana Pule, Buana Pekurenan dan Br. Dinas Batu Meyeh dengan keseluruhan jumlah penerima sebanyak 405 Orang dan total nilai bantuan sebesar Rp. 20 Milliar lebih.

Dalam sambutannya Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan bahwa kehadirannya ditengah tengah masyarakat khususnya masyarakat Desa Tianyar Barat merupakan salah satu program Kabupaten Badung “Angelus Buana” yang artinya dari Badung untuk Bali.

“karena ini memang warisan yang didapat sejak dari lahir itu yang pertama adalah aspek yuridis dimana undang-undang membolehkan bantuan BKK ini, yang kedua adalah aspek filosofis berarti ini sudah kesepakatan dari para leluhur kita terdahulu, yang ketiga adalah aspek sosiologis kita adalah semeton nyama braya semeton Bali, melalui bantuan ini diharapkan bisa menghapuskan kesan bahwa warga munti gunung sebagai gepeng, gelandangan dan pengemis. Inilah cara kami untuk berada di tengah- tengah masyarakat merealisasikan bantuan bedah rumah” ujar Bupati Giri Prasta.

Giri Prasta juga menghimbau kepada masyarakat yang mendapat bantuan ini harus benar-benar dipergunakan dengan baik, bentuk bangunannya rumah sehat dan layak huni yang dilengkapi dengan dua kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar bebas, kamar mandi dan dapur.

“Kami harapkan rumah ini dibangun dengan gotong rotong, semangat gotong-royong inilah menjadi Motivasi yang kita bangkitkan, yang sudah baik kita sempurnakan lagi. Bila pembangunan ini selesai kami akan berlanjut dengan rehab berat dengan anggaran Rp 30 juta dan rehap ringan dengan anggaran Rp 15 juta dan program UEP (Usaha Ekonimi Produktif) untuk membuat usaha akan dibantu dengan bantuan 15 juta akan digerakkan di enam Kabupaten di Bali” jelasnya.

Sementara itu Bupati Karangasem I Gst Ayu Mas Sumatri mengucapakan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Bupati Badung beserta jajarannya yang dalam kesempatan ini sudah bersedia langsung hadir ke Banjar Munti Gunung Desa Tianyar Barat dalam rangka menyerahkan Bedah Rumah BKK Badung untuk kabupaten Karangasem sebanyak 405 unit.

“kami atas nama pemerintah dan masyarakat Karangasem menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung beserta jajarannya atas bantuan dan perhatiannya kepada masyarakat Karangasem, ini merupakan motivasi bagi kami untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat karangasem yang masih menempati rumah tidak layak huni” ujarnya.

Selain menyerahkan bantuan BKK, Bupati Giri Prasta juga menyerahkan bantuan hibah wantilan senilai Rp. 400 juta bertempat di Pasraman Jiwan Mukti Karangasem

Turut hadir Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala BPKAD I Ketut Gede Suyasa, Kepala Bappeda I Made Wira Dharmajaya, Kadis PMPTSP I Made Agus Aryawan, Kadis Perkim AA Ngurah Bayu Kumara Putra, Kabag Hukum I Komang Budi Argawa, Kabag Kesra I Nyoman Sujendra, dan Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta yang disambut langsung oleh Bupati Karangasem I Gst Ayu Mas Sumatri, Anggota DPRD Provinsi Bali I Nyoman Oka Antara dan Ni Kadek Darmini, Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana, dan Jajaran OPD Pemkab Karangasem.

(cita/bpn/tim)