Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBadungBupati Giri Prasta serahkan Bantuan Hibah untuk Pitra Yadnya Di Banjar Adat...

Bupati Giri Prasta serahkan Bantuan Hibah untuk Pitra Yadnya Di Banjar Adat Lawak

PETANG, balipuspanews.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, menghadiri Upacara Nyekah Massal Banjar Adat Lawak, Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, Senin ( 12/8 ).

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, mengatakan pihaknya memahami betul bagaimana waktu banyak habis yang di lakukan umat Hindu, dalam kegiatan Yadnya itu sendiri. Selain banyak memakan waktu umat sedarma kata Giri juga korban materil untu upacara

“Saya hadir di tengah- tengah masyarakat untuk meringankan beban masyarakat salah satu contoh untuk membantu upacara yadnya seperti sekarang ini. Selain membantu upacara kami di Pemerintah kabupaten Badung juga membantu dalam pembangunan tempat suci atau Pura begitu juga Bale Banjar, Wantilan dan yang lainnya,” katanya di hadapan para krama.

Bupati asal Pelaga itu pun mengaku bangga dalam upacara yang dihadiri tersebut ada warga yang tinggal di luar pulau Bali seperti di Sulawesi dan Sumatra ikut dalam acara nyekah massal.

“Jadi bisa kita katakan, walaupun ada di luar pulau masih inget dengan kawitannya yang ada di Bali khususnya di Banjar Adat Lawak ,” ungkapnya.

BACA :  Pangdam Bambang Trisnohadi Silaturahmi Ke Puspem Badung, Bupati Giri Prasta : Badung Siap Dukung Program Kodam IX Udayana

Dalam kesempatan itu, ia pun mengajak semua krama atau masyarakat untuk biasa bersatu dalam melaksanakan kegiatan di Masyarakat. Hal itu dilakukan karena, menurut Bupati jika masyarakat bersatu adalah setengah perjuangan akan berhasil. “Intinya keberhasilan seorang Pemimpin ketika bisa menyatukan Masyarakat dengan tidak keluar dari konsep Tri Hita Karena,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta juga membatu krama yang melaksanakan kegiatan upacara Nyekah Massal melalui dana hibah tahun 2018 sebesar Rp 400 Juta.

Disisi lain, I Wayan Suarsa yang juga merupakan ketua panita dalam kegiatan Nyekah Masal itu banyak terima kasih kepada Bapak Bupati Badung serta undangan yang lain yang sudah bersedia hadir ditengah- tengah masyarakat Banjar Adat Lawak.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah kabupaten Badung terutama Bupati Badung yang memberi bantuan dana hibah untuk melaksanakan kegiatan upacara Nyekah Massal, metatah ( potong gigi) dan mepetik,” paparnya.

Kata dia dalam upacara nyekah massal ini di ikuti oleh 24 Sawa ( orang ) yang sudah meninggal, dan dilakukan upacara ngaben. Namun kini diupacarai untuk membersihkan sanggyang atman untuk menuju suaga loka. Selain itu untuk Potong Gigi sebanyak 60 orang dan mepetik sebanyak 20 orang.

BACA :  Sikapi Permohonan Hibah untuk Bangun Gedung LPD Desa Adat Pererenan, Komisi I DPRD Badung Segera Turun ke Lapangan

“Tentunya kami sangat mengharapkan kegiatan ini berjalan sesuai harapan,” harapnya.

Perbekel Desa Belok Sidan I Made Rumawan, juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati serta undangan yang hadir. Dalam kesempatan itu Perbekel Desa Belok Sidan juga membantu dana sebesar Rp 50 juta untuk ikut membantu meringankan beban masyarakatnya.

“kami berharap dalam melaksanakan kegiatan seperti ini masyarakat harus tetap bersatu dan bergotong – royong agar pelaksanaan upacara berjalan lancar dan tidak ada hambatan,” terangnya sembari mengatakan bantuan yang kami berikan hanya untuk meringankan krama.

Pada upacara tersebut turut mendampingi Anggota DPRD I Bali Terpilih I Bagus Alit Sucipta, Anggota DPRD Tingkat II Badung I Gst Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, Camat Petang I Gede Eka Sudarwitha serta Unsur Tripika Kecamatan Petang, Perbekel Desa Belok Sidan I Made Rumawan, serta Tokoh Masyarakat setempat.

(Cita/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular