Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama masyarakat Desa Adat Nungnung melaksanakan aksi bersih-bersih dan gotong-royong di areal jalan subak Nungnung, Kecamatan Petang Minggu (1/9).
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama masyarakat Desa Adat Nungnung melaksanakan aksi bersih-bersih dan gotong-royong di areal jalan subak Nungnung, Kecamatan Petang Minggu (1/9).
sewa motor matic murah dibali

PETANG, balipuspanews.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Minggu (1/9) kemarin berbaur dengan masyarakat Desa Adat Nungnung, Kecamatan Petang melaksanakan aksi bersih-bersih atau gotong-royong di areal jalan subak Nungnung. Dalam kegiatan gotong-royong ini Bupati sekaligus menyerahkan bantuan dana hibah sebesar 2 M untuk pembangunan Pura Dalem Nungnung.

Ditemui disela-sela gotong-royong, Bupati asal Pelaga ini menerangkan, kegiatan yang melibatkan unsur masyarakat, prejuru desa adat, kelian banjar adat dan dinas serta tokoh desa Nungnung merupakan bagian dari program kabupaten badung yaitu Gerakan Serentak (Gertak) Badung Bersih yang rutin dilakukan pada minggu pertama setiap bulannya.

“Kegiatan di Nungnung ini juga bertalian dengan program kegiatan salah satunya pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) yang nantinya dapat meningkatkan pendapatan perkapita petani, dan JUT ini fungsinya untuk jalan menuju ke beji milik desa adat. Sehingga jalan ini sangat berfungsi sekali, ” kata Giri Prasta.

Pembangunan JUT telah dilakukan kajian dengan baik oleh Dinas PUPR Badung. Untuk itu Bupati berterima kasih kepada masyarakat yang telah membuka jalan ini, dan yang tak kalah pentingnya terima kasih kepada masyarakat pemilik lahan. “Bagi saya ini merupakan kegiatan yang amat sangat mulai. Dan pemerintah akan menuntaskan JUT ini,” jelasnya.

Selain gotong-royong, Bupati juga melihat terowongan dengan anggaran 3,6 M, diharapkan masyarakat tidak membuang sampah di terowongan tersebut.

“Nanti kita akan buatkan tempat sampah sementara di atas dari terowongan sebelum desa membuat TPST,” tambahnya.

Untuk subak amerta sari manik di desa Nungnung juga dibantu untuk terowongan dan jaringan irigasi usaha tani. Sementara bantuan hibah 2 M ini untuk pembangunan Pura Dalem Nungnung. Ini salah satu motivasi yang diberikan kepada masyarakat, agar terus bersatu membangun wilayah desanya.

Bendesa Adat Nungnung I Wayan Joni menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah yang diberikan Bupati Badung kepada krama Desa Adat Nungnung. Bantuan 2 M ini akan dimanfaatkan untuk pembangunan pelinggih di Pura Dalem. Renovasi meliputi; padmasana, gedong dalem, paruman, bale lantang, bale penganteg, apit lawang, bale kulkul, penyengker di jaba sisi dan sisi barat serta candi bentar, termasuk penataan areal pura.

“Pembangunan akan mulai dilakukan tanggal 3 September ini selama 3,5 bulan,” jelasnya.

(cita/bpn/tim)