Bupati Karangasem Raih Penghargaan “Adhitya Karya Mahatva Yodha Award” 2017

Bupati Mas Sumardi meraih Adhitya Karya Mahatva Yodha Award 2017

Karangasem, balipuspanews.com- Bupati Kabupaten Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri sukses meraih Adhitya Karya Mahatva Yodha Award 2017 atas dedikasinya sebagai Pembina Umum Karang Taruna Terbaik Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Penghargaan tingkat nasional ini, diserahkan langsung oleh Menteri Sosial RI H M Idrus Marham dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Bulan Bhakti Karang Taruna Tingkat Nasional tahun 2017 pada 25-27 Januari 2018 di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar, Bali.

Tampak hadir dalam acara ini, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dan seluruh gubernur serta bupati seluruh Indonesia dan Ketua Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto.

Penganugerahan Satya Lencana Aditya Karya Mahatva Yodha tersebut, merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat kepada kepala daerah yang dianggap telah peduli terhadap perkembangan dan kemajuan Karang Taruna di daerah masing-masing.

Dedikasi Bupati perempuan pertama di Kabupaten Karangasem tersebut,  tahun ini dianggap telah banyak membawa perubahan bagi generasi muda di daerahnya. Terutama kepedulian dan perhatiannya kepada Karang Taruna di Kabupaten Karangasem.

Sementara itu, usai menerima penghargaan, Bupati Mas Sumatri mengatakan, bahwa membina dan membimbing seluruh organisasi di Karangasem adalah kewajiban dirinya sebagai kepala daerah. 

Menurut Bupati Mas Sumatri, karang taruna bersama pemerintah daerah, harus saling mendukung dalam memajukan pembangunan.

“Karang taruna harus bersinergi dengan pembangunan di desa melalui program-program pemberdayaan masyarakat,” ujar Bupati Mas Sumatri.

Mengenai karang taruna, ia berpendapat bahwa Karang Taruna merupakan mitra potensial dan strategis bagi pemerintah daerah dalam pembangunan kesejahteraan sosial.

“Peran dan ide kreatif seluruh pengurus karang taruna di Karangasem sangat dibutuhkan bagi Kabupaten Karangasem. Untuk itu, semoga kedepannya, Karang Taruna Karangasem mampu terus menerus memberikan kontribusi bagi kemajuan Daerah, khususnya dalam bidang kesejahteraan sosial,” kata Bupati Karangasem ini.

Atas penghargaan yang diberikan, bupati mengucapkan terima kasih. “Ini hadiah bagi saya dan masyarakat Kabupaten Karangasem serta karang taruna di Karangasem agar terus maju dan berkembang di Karangasem,” ucapnya.

Masih dalam kegiatan yang sama, Gubernur Bali  Mangku Pastika menyatakan menyambut baik karang taruna sebagai tempat  berkomunikasi dan tempat menuangkan ide kreatif demi kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Ia juga memberikan selamat kepada 55 Karang Taruna, termasuk Ketua Karang Taruna Provinsi Bali yang diambil dari Karang Taruna setiap kabupaten periode 2018-2023 yang baru saja dilantik dan dikukuhkan secara resmi  oleh Menteri Sosial RI H M Idrus Marham.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Gubernur Mangku Pastika atas bantuan pemerintah pusat, yang diserahkan langsung Menteri Idrus Marham  berupa alat bantu bagi 360 orang penyandang disabilitas di Provinsi Bali dengan total bantuan Rp 236.250.000.

Dalam kesempatan itu, Menteri Sosial RI H M Idrus Marham juga memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang sudah memberikan kontribusi untuk membesarkan karang taruna.

“Dari era orde lama sampai dengan era reformasi  sekarang ini, karang taruna tetap survive dan mampu menjaga eksistensinya. Dan kepada kepala daerah yang telah membesarkan karang taruna melalui bimbingan dan arahannya, saya ucapkan terima kasih,” kata Idrus Marham.