Bupati Made Gianyar Pimpin Penanaman Porang di Desa Yangapi, Tembuku

BANGLI, balipuspanews.com – Bupati Bangli I Made Gianyar menghadiri kegiatan penanam bibit porang di lahan Kelompok Usaha Bersama Bukit Sari yang terletak di Banjar Dinas Penaga, Desa Yangapi, Tembuku, Bangli, Rabu (21/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Bupati Made Gianyar menyampaikan, di era kekinian para petani harus mempunyai terobosan-terobosan tertentu untuk dapat bersaing dengan petani-petani yang berkembang.

“Saya sebagai Bupati, baru pertama kali melihat kelompok tani yang mengembangkan tanaman porang di Bangli. Ini patut ditiru oleh petani-petani yang lain, karena kelompok tani ini sudah berani mengambil terobosan dengan menanam pohon porang,” saran Made Gianyar.

Pun demikian, Gianyar menegaskan, mengingat situasi masih dalam pandemi, masyarakat diingatkan agar lebih kreatif agar nantinya bisa memajukan perekonomian.

“Dimasa pandemi ini, mari kita lebih kreatif demi memajukan perekonomian. Dan, dengan adanya budidaya pohon porang ini, mudah-mudahan nantinya bisa ditiru oleh para petani dan juga para wirausaha lainnya untuk ikut membudidayakan pohon porang, karena hasil dari pohon porang ini sudah siap dipasarkan oleh PT. Porang Indo Bali,” Sebut Gianyar.

Sementara itu, Ketua Kelompok Usaha Bersama Bukit Sari, I Nengah Kesel mengatakan, kelompok ini baru berdiri sejak 2019 lalu, dengan jumlah anggota sebanyak 50 orang. Dan luas lahan kelompok mencapai 1,5 hektar.

“Untuk pengembangan dan pemasaran hasil budidaya tanaman porang, kami bekerjasama dengan PT. Porang Indo Bali. Sementara, dana yang kami gunakan disponsori oleh Koperasi Sri Dandan,” ungkapnya.

Sementara ini pihaknya mengatakan, bibit porang yang akan dibudidayakan atau dikembangkan baru sebanyak 250 kilogram biji katak yang tersebar diseluruh lahan Kelompok Usaha Bersama Bukit Sari.

Selain dihadiri Bupati Made Gianyar, dalam kesempatan tersebut nampak pula Kepala Dinas PKP Ir. I Wayan Sarma, Camat Tembuku, Perbekel Desa Yangapi, Kelihan Dusun Banjar Penaga, Perwakilan PT. Porang Indo Bali, Koperasi Sri Dandan, dan Kelompok Usaha Bersama Bukit Sari.

PENULIS : Komang Rizki

EDITOR : Oka