Bupati Made Gianyar Serahkan Bantuan Bibit Ikan kepada 7 Pokdakan

Ket foto. Bupati Made Gianyar tebar benih ikan
Ket foto. Bupati Made Gianyar tebar benih ikan

BANGLI, balipuspanews.com- Bupati Bangli I Made Gianyar menyerahkan bantuan bibit ikan serta menandatangani NPHD bantuan sarana perikanan tahun 2020 kepada 7 kelompok budidaya ikan (Pokdakan) di Kabupaten Bangli, Selasa (24/11/2020).

Dalam kegiatan yang berlangsung di tiga lokasi diantaranya, Kecamatan Susut, Tembuku, dan Bangli itu, hadir pula Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli, I Wayan Sarma, Camat Susut, Camat Tembuku beserta anggota Pokdakan.

Bupati Bangli I Made Gianyar menyampaikan, bahwa bantuan bibit maupun pakan ikan yang diberikan harus di rawat dan dipergunakan dengan baik supaya bantuan ini dapat berguna bagi masing-masing kelompok.

Bupati pun berharap, kedepannya supaya masing-masing kelompok Pokdakan ini dapat mengembangkan usaha kelompoknya menjadi lebih besar. Disamping itu, Made Gianyar juga berpesan agar tidak usah malu menjadi petani ataupun peternak.

“Tidak usah malu dan ragu, karena petani sekarang ini adalah petani moderen. Kita menjadi petani ataupun peternak tidak boleh ragu menjalankan profesi ini, kalau kita menjalankannya dengan sunguh-sunguh pasti hasilnya akan memuaskan. Begitu pula sebaliknya, apapun pekerjaan yang kita lakukan dengan ragu-ragu tentu hasilnya pasti tidak akan memuaskan,” sebutnya.

Bupati dua periode itu juga menambahkan, pihaknya sangat mensuport budidaya perikanan yang dilakukan oleh Pokdakan di Kabupaten Bangli.

“Kita Pemerintah Kabupaten sangat mensuport perkembangan di bidang perikanan, karena ikan juga merupakan salah satu konsumsi kita untuk sehari-hari,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli, I Wayan Sarma dalam laporannya menyampaikan, bahwa semua bantuan ini bersumber dari dana bagi hasil (DBH) perikanan daerah tahun 2020.

“Kelompok yang mendapat bantuan ini terdiri dari 7 kelompok, 3 kelompok di Kecamatan Susut, yakni Pokdakan Mina Tirta Sari Desa Sulahan, Pokdakan Manik Tirta Desa Susut, dan Pokdakan Pada Tresna 2 Desa Sulahan. Sedangkan, untuk di Kecamatan Bangli yakni Pokdakan Wisnu Gandi Sari Murti Kelurahan Cempaga, dan di Kecamatan Tembuku, yakni Pokdakan Ulama Merta Asih Desa Jehem, Pokdakan Mina Kelola Sari Br. Tingkad Batu, serta Pokdakan Gangga Kencana Desa Tembuku,” ungkapnya.

Wayan Sarma menyebutkan, masing-masing kelompok penerima bantuan kali ini mendapatkan bantuan Bibit Ikan Nila sebanyak 7000 ekor dan Pakan Ikan sebanyak 1720 kilogram.

PENULIS : Komang Rizki

EDITOR : Oka