Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaGianyarBupati Mahayastra Sampaikan Pidato Visi Misi Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Gianyar

Bupati Mahayastra Sampaikan Pidato Visi Misi Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Gianyar

Gianyar, balipuspanews.com- Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra menyampaikan visi misinya dalam rapat paripurna istimewa digedung DPRD Gianyar Jumat ( 21/9/2018). Bupati asal Malinggih Payangan itu menyampaikan pidato perdananya setelah resmi dilantik menjadi orang nomor satu di Kota Seni sehari sebelumnya oleh gubernur Bali I Wayan Koster.

Selain menyampaikan visi misi, rapat paripurna istimewa juga diisi Sertijab dari Plh bupati Gianyar Made Wisnu Wijaya kepada bupati Mahayastra.  Dalam pidatonya, bupati kader moncong putih itu menyampaikan visi misi lima tahun kedepan  mengacu pada konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali, dimana dalam pelaksanaannya dilakukan dengan pola satu jalur. Kebijakan pembangunan Gianyar menjadi satu kesatuan, atau satu jalur dengan kebijakan pembangunan Pemprov Bali. Visi misi pasangan Mahayastra – Agung Mayun 5 tahun kedepan juga dilandaskan pada konsep Tri Hita Karana.

“ Menjunjung tinggi filosofi Tri Hita Karana dan nilai-nilai adat, agama, tradisi dan budaya luhur masyarakat Gianyar menjadi landasan filosofis dalam perumusan visi dan misi pembangunan daerah, sehingga diharapkan terwujud  kesejahteraan masyarakat Gianyar yang adil dan makmur lahir dan bathin, secara berkelanjutan,” ujar Bupati Mahayastra.

BACA :  TPPS Kabupaten Gianyar Evaluasi Program Pencegahan Stunting

Lebih lanjut dikatakannya, terdapat lima hal mendasar yang menjadi latar belakang perumusan visi dan misi pembangunan daerah Kabupaten Gianyar lima tahun kedepan, yaitu Pertama, Pencapaian kinerja pembangunan daerah Gianyar periode Tahun 2013-2018. Kedua, pencapaian tujuan dan sasaran Pembangunan Jangka Panjang Daerah. Ketiga,  kondisi dan potensi daerah yang menjadi sumber daya pembangunan Kabupaten Gianyar. Keempat, berbagai permasalahan dan isu-isu strategis pembangunan Kabupaten Gianyar hingga lima tahun ke depan. Dan yang kelima, keinginan untuk mengembangkan inovasi daerah, dalam rangka mewujudkan tata kelola good governance  dan clean government.

Berpijak dari kelima latar belakang tersebut, maka visi pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Gianyar Tahun 2018-2023 adalah

“ Terwujudnya masyarakat Gianyar yang bahagia, sejahtera, aman, dan damai, mandiri, berintegritas, berlandaskan Tri Hita Karana, melalui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana”.

Untuk mewujudkan visi tersebut, ditempuh melalui enam Misi Pembangunan Gianyar yang menjadi arah kebijakan pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Gianyar Tahun   2018-2023, yaitu, pertama, membangun pertanian yang produktif, efesien dan mandiri, kedua, membangun pariwisata yang inklusif dan berbasis budaya, ketiga, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, berwawasan lingkungan, keempat, mengembangkan SDM yang berintegritas dan berdaya saing tinggi. Kelima, mewujudkan penguatan desa adat yang bertumpu pada nilai-nilai adat, budaya dan agama Hindu. Dan keenam, meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan publik.

BACA :  Stabilitasi Pasokan dan Harga Jelang Hari Raya, Pemkab Gianyar Gelar GPM

Di akhir pidatonya, mantan ketua DPRD Gianyar itu  menegaskan, dalam rangka membangun Kabupaten Gianyar di segala bidang, pihaknya komitmen untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain, baik itu Pemerintah Daerah lainnya, maupun pihak swasta, dalam rangka menggali dan mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Gianyar.

Sedangkan dalam hal memikirkan dan memecahkan persoalan -persoalan yang berkaitan dengan kepentingan publik, diperlukan hubungan yang harmonis dengan DPRD Kabupaten Gianyar, mengingat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, hubungan antara Pemerintah Daerah dan DPRD, merupakan hubungan kerja yang kedudukannya setara, dan bersifat kemitraan.

Rapat paripurna yang dipimpin oleh ketua DPRD Gianyar Wayan Tagel Winarta juga dihadiri tokoh masyarakat, seluruh perbekel di Gianyar, kelian dinas, kelian adat, seluruh OPD, Forkopimda, pengurus sekaa taruna dan pengurus partai. Nampak pula Nyonya Putri Wayan Koster.

Setelah rapat istimewa ditutup, rangkaian acara dilanjutkan dengan pengukuhan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar dan pengukuhan pengurus Dekranasda Kabupaten Gianyar. Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan dari pelaksana harian Ketua PKK dan Dekranasda kepada Ketua PKK dan Dekranasda periode 2018-2023, penyerahan buku memori kegiatan, dan penyerahan piagam penghargaan kepada tim penggerak PKK Kabupaten Gianyar oleh Ketua Penggerak PKK Provinsi, Nyonya Putri Koster. ( rls/bas)

BACA :  Jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, Pj Bupati Gianyar Bagi Sembako

 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular