Jumat, Maret 29, 2024
BerandaAdvertorialBupati Mas Sumatri Buka Musrenbang Kecamatan Abang Tahun 2019

Bupati Mas Sumatri Buka Musrenbang Kecamatan Abang Tahun 2019

KARANGASEM, balipuspanews.com – Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kecamatan Abang, Karangasem di Gedung Serba Guna Abang, Senin ( 18/2/2019).

Kegiatan evaluasi pembangunan tahunan ini bertema “ Pengentasan Kemiskinan Melalui Peningkatan Pelayanan Dasar, Pengembangan Infrastruktur Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menuju Pembangunan Berkelanjutan”.

Hadir mendampingi Bupati dalam acara ini,  Kepala Bappelitbangda I Made Sujana Erawan, Camat Abang, Narasumber dari Kajari I Nyoman Sucitrawan, Dandim 1623 Karangasem Bima Santosa, Kapolres I Gusti Ngurah Agung Ade Panji Anom. Diikuti Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Karangasem,

Camat Abang beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan dan Para Perbekel, BPM/LPM, Bendesa Adat, Karang Taruna, PKK, Para delegasi Desa/Kelurahan, LSM, Wakil Kelompok Fungsional/Organisasi dan masyarakat di Kecamatan Abang.

Camat Abang I Gusti Nyoman Darsana melaporkan, Musrenbang Kecamatan adalah merupakan forum musyawarah stakeholders Kecamatan untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan dari desa Kelurahan serta menyepakati kegiatan lintas desa Kelurahan di Kecamatan tersebut sebagai dasar penyusunan indikatif tahunan daerah tahun 2019 nanti.

Disampaikan, tujuan musrenbang tingkat Kecamatan adalah membahas dan menyepakati hasil Musrenbang dari tingkat Desa Kelurahan yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan Abang. Membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat Kecamatan yang belum tercangkup dalam prioritas pembangunan Desa/Kelurahan. Melakukan klasifikasi atas prioritas pembangunan Kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi urusan-urusan organisasi perangkat daerah Kabupaten Karangasem.

BACA :  Bakar Sampah, Bocah 7 Tahun di Karangasem Tersambar Api

Sementara itu,Kepala Bappelitbangda I Made Sujana Erawan melaporkan  bahwa pelaksanaan musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan Tahun 2019 ini dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu tahap Pra Musrenbang dan tahap Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan. Tahap Pra Musrenbang RKPD Kabupaten di 8 Kecamatan telah dilaksanakan pada tanggal 6 Pebruari  sampai dengan 15 Pebruari 2019.

Tahap Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan dilaksanakan dari tanggal 18 Pebruari di Kecamatan Abang sampai dengan 26 Pebruari 2019 di Kecamatan Manggis. Pelaksanaan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) maupun Musrenbang tahun ini sedikit berbeda karena setelah nanti ada prioritas yang menjadi hasil pembahasan akan diinfut dalam sistem perencanaan (SIMCAN) sehingga diharapkan ada kepastian dalam perencanaan dan pendanaan. Hal ini sebagai tindak lanjut kerjasama Ibu Bupati dengan BPKP tahun 2018.

Musrenbang kali ini juga merupakan tahun ke-2 kita menghadirkan Narasumber dari Bapak Kajari, Kapolres, dan Bapak Dandim sebagai wujud sinergitas perencanaan di Kabupaten Karangasem.

Bupati Mas Sumatri dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan yang baik diawali dari penyusunan perencanaan pembangunan yang baik. Dalam rangka konsistensi dan sinergitas perencanaan sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Kepala Bappelitbangda Kabupaten Karangasem, maka untuk tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Karangasem menerapkan aplikasi Simda Perencanaan dalam setiap proses perencanaan pembangunan. Penerapan aplikasi ini merupakan tidak lanjut komitmen  MCP (Monitoring Centre of Prevention) Korsupgah KPK dalam upaya mewujudkan reformasi birokrasi yang bersih dan  transparan sebagai amanat Undang-Undang. Selain proses perencanaan merupakan hal yang sangat strategis, ketersediaan data awal merupakan hal yang penting karena akan menjadi titik tolak dalam menentukan prioritas pembangunan selanjutnya.

BACA :  Soal Calon Bupati, DPD Golkar Karangasem Tunggu Keputusan Induk Partai

Mas Sumatri menambahkan, Perlu kita pahami bersama bahwa dengan keterbatasan anggaran pemerintah daerah Kabupaten Karangasem mengakibatkan tidak semua usulan dapat dibiayai dari dana APBD Kabupaten Karangasem. Namun demikian pemerintah berupaya keras mendorong usulan prioritas pembangunan agar dapat didanai baik melalui dana APBD Provinsi maupun Pusat sesuai dengan program strategis dan kewenangannya.

Sebelum sambutan diakhiri, dihari spesial tiga tahun kepemimpinan MasDipa, Bupati Mas Sumatri menyampaikan beberapa kegiatan fisik yang dibiayai dari APBD Kabupaten Karangasem yang berlokasi di Kecamatan Abang . Diantaranya, Pembangunan Jembatan Tk. Liki (Ruas Jalan Purwakerti – Pura Dalem Culik), Pemeliharaan rutin jalan kabupaten Di Kecamatan Abang (Long Segmen). Peningkatan Jalan Kabupaten  seperti Ruas Jalan Purwakerti – Pantai (1 Km),Ruas Jalan Datah – Asah (1 Km) Ruas Jalan Tiyingtali Kelod – Br. Kuhum (1,47 Km). Rehabilitasi Jaringan Irigasi , Daerah Irigasi Basangalas,Kuum Cangah Bale Parum di Kantor Pengamat Wilayah Abang, Daerah Irigasi  Embukan Daerah Irigasi Ababi V.  Daerah Irigasi Magetelu,Daerah Irigasi Pajegan,Daerah Irigasi Datah. Pembangunan SPAM di Desa Nawakerti, Pengadaan SPAM PAMSIMAS di Desa Datah,Pemeliharaan Rutin/ Berkala Bangunan Sekolah SD Pagar SDN 2 Ababi,Pagar SDN 3 Tista,Pagar SDN 2 Kerta Mandala,Halaman SDN 1 Tiyingtali,Halaman SDN 1 Tista, Rehabilitasi Sedang/Berat Ruang Kelas Sekolah SD , Ruang Kelas SDN 4 Ababi ,Ruang Kelas SDN 1 Tista. Penyediaan Buku Pelajaran untuk SD/MI ,SDN 1 Labasari,SDN 4 Tribuana. Rehabilitasi Sedang/Berat Ruang  Kelas Sekolah SMP. Pengadaan Mebeler SMPN 3 & 5 Abang. Penataan Halaman  SMPN 4 Abang,Rehabilitasi Perpustakaan SMPN 3 Abang Penunjang Rehabilitasi Perpustakaan SMPN 3 Abang, Rehabilitasi Laboratorium IPA SMPN 4 Abang

BACA :  Tinjau Pelatihan Slipper Hotel di Karangasem, Mensos Risma Siap Bantu Pemasaran

Pemeliharaan Gedung dan Bangunan Puskesmas Abang II,Pengadaan Alat Kesehatan Puskesmas Abang II ,Pengadaan Tanah Puskesmas Puskesmas Abang I ,Perencanaan Desa Wisata Pura Ayu Pembuatan Toilet dan gazebo pada DTW Bukit Lempuyang,Bedah Rumah 150 unit. Pembangunan Sarana dan Prasarana Pasar Desa Culik. TOTAL ANGGARAN : Rp. 24.200.069.093,00 (Dua Puluh Empat Milyar Dua Ratus Juta Enam puluh Sembilan Ribu Sembilan Puluh Tiga Rupiah).

“Dana ini dua kali lipat dari yang diterima oleh Kecamatan Abang tahun sebelumnya. Ini semua karena seluruh masyarakat ikut aktif di dalam setiap inovasi yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten,” tegasnya. ( adv/igs)

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular