Pembukaan puncak pemilihan jegeg bagus karangasem ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Mas Sumatri.
Pembukaan puncak pemilihan jegeg bagus karangasem ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Mas Sumatri.
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews. com – Puncak pemilihan Jegeg Bagus Karangasem tahun 2019 yang dilaksanakan di Panggung Utama Taman Cagar Budaya Candra Bhuwana, Jumat (28/6) malam, diikuti oleh 8 pasang Jegeg bagus hasil seleksi Panitia Jegeg bagus Karangasem.

Dari 8 pasang finalis itu dikerucutkan menjadi 3 besar yang ditetapkan menjadi Jegeg Bagus Karangasem 2019 dan runner up serta predikat lainnya.

Pelaksanaan Jegeg Bagus Karangasem begitu riuh. Penonton di Taman Budaya nampak penuh oleh para supporter dari masing-masing finalis.

Nampak hadir pula Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem dan Kapolres Karangasem. Pembukaan puncak pemilihan jegeg bagus karangasem ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Mas Sumatri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata I Wayan Astika mengatakan, diselenggarakannya pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2019 untuk memilih duta Pariwisata Karangasem yang nantinya akan diikut sertakan dalam tingkat Provinsi serta memberikan wawasan kepariwisataan kepada para peserta.

“Adapun maksud dari pemilihan jegeg bagus yaitu untuk memilih duta pariwisata kabupaten Karangasem untuk mengikuti pemilihan jegeg bagus Bali pada agustus 2019, sebagai upaya peningkatan peran generasi muda untuk pembangunan di Karangasem dalam bidang pariwisata,”ungkapnya.

Pada puncak pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2019 menghadirkan 8 orang dewan juri yang berkompeten dalam memberikan penilaian kepada para finalis. Adapun yang menjadi kriteria penilaian diantaranya charming,smart dan hostpitable.

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri dalam sambutannya mengatakan, Sektor kepariwisataan terbukti telah mampu membawa manfaat ekonomi,penciptaan peluang usaha dan kerja, peningkatan kualitas hidup, sehingga menjadi salah satu andalan Kabupaten Karangasem yang terus berkembang pembangunannya, karena kita sadari bersama bahwa keberhasilan sektor ini akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat, lebih lebih dengan meningkatnya PAD (Pendapatan Asli Daerah ) dari sektor Pariwisata, oleh karenanya akan mempercepat pengentasan kemiskinan, termasuk peluang bagi generasi muda untuk dapat berkiprah didalamnya.

Pelaksanaan pemilihan Jegeg Bagus Karangasem dengan mengusung Tema “YOMANA SATYA BAKTI BUDAYA” yang mengandung makna peranan generasi muda dengan niat yang tulus sangat penting dalam melestarikan budaya Bali. Untuk itu melalui kegiatan pemilihan Jegeg Bagus Karangasem merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mendukung penuh kegiatan yang berdampak positif pada proses kreatifitas dan sportifitas para generasi muda utamanya untuk membentengi pelestarian Budaya Bali yang disesuaikan dengan perkembangan dunia dalam era globalisasi yang tanpa batas ini.

“Untuk itu, saya menghimbau para peserta agar menjadikan pemilihan ini sebagai upaya meningkatkan peran serta generasi muda penerus dan penggerak pembangunan sebagai kepariwisataan di Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya. Sehingga mampu menunjukkan jati dirinya sebagai generasi yang memiliki pengetahuan, kecerdasan, keterampilan serta memiliki daya kreatifitas dan semangat untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik, dengan berperilaku positif dan bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, Bangsa dan Negara,” ucapnya.

Mas Sumatri menambahkan, hal ini penting dilakukan untuk dapat memberikan citra positif bagi Generasi Muda Bangsa khususnya generasi muda Bali dalam mendukung program Nawa Cita menuju Karangasem cerdas, bangkit dan bermartabat.

Pada acara penentuan jegeg bagus Karangasem tahun 2019, Bupati Mas Sumatri ikut serta memberi pertanyaan kepada 3 finalis jegeg Karangasem, sedangkan 3 finalis Bagus Karangasem diuji pertanyaan dari Ketua DPRD I Nengah Sumardi.

Keluar sebagai pemenang jegeg Karangasem 2019 Putu Ratih Padmarini Gantari Sari perwakilan SMAN 2 Amlapura dan Bagus Karangasem tahun 2019 I Gede Agung Wiweka Reswarananda perwakilan kecamatan kubu. (suar/adv/bpn/tim)