Bupati Karangasem Mas Sumatri menghadiri seminar menumbuhkan pengusaha muda
Bupati Mas Sumatri menghadiri seminar kewirausahaan dan pemuda mandiri di gor Gunung Agung Amlapura

KARANGASEM, balipuspanews.com-
Sebanyak 700 siswa di Bumi Lahar Karangasem mengikuti seminar motivasi nasional kewirausahaan dan pemuda mandiri di GOR gunung Agung Amlapura, Senin( 16/12/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh bupati Karangasem Gusti Ayu Mas Sumatri. Ikut mendampingi orang nomor satu di Karangasem itu Kadisdikpora Kab. Karangasem, Kadis Pariwisata Kab. Karangasem, Plt. Kepala Bappelitbangda Kab. Karangasem dan Kabag Ekonomi Setda Kab. Karangasem. Hadir pula dalam acara tersebut Syafii Efendi selaku president of OIC Youth Indonesia sekaligus Narasumber Seminar.

Samsun Amri selaku ketua panitia dalam laporanya menyampaikan ratusan generasi muda yang hadir adalah generasi yang ingin merubah nasib.

” Kami dari wira usaha muda mengadakan seminar ini supaya generasi muda dapat berperan aktif dalam kancah nasional maupun internasional dengan inovasi-inovasi baru,” kata Samsun Amri.

mewakili panitia, Samsun mengucapkan terimakasih kepada Bupati Karangasem yang memberikan ruang sehingga seminar bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

” Ibu bupati secara tidak langsung memberikan dukungan moril, kami tidak membutuhkan uang, karena kami membutuhkan peluang. Dalam peluang ada uang. Kita juga percaya dan yakin, pemuda yang ada disini akan menjadi pemimpin dimasa yang akan datang,”harapnya.

Bupati Mas Sumatri menyambut baik kegiatan Seminar Motivasi Nasional Kewirausahaan dan Pemuda Mandiri 2019. Menurutnya, menjadi sukses adalah impian setiap orang, apalagi sukses di usia muda. Sukses berwira usaha di usia muda bisa dibangun apabila memiliki semangat dan jiwa pantang menyerah serta keyakinan yang sungguh-sungguh bahwa sukses itu hak setiap orang.

Bupati menekankan, generasi muda harus mampu menguasai perkembangan zaman dan mengembangkan potensi serta karakter dalam membentuk sikap generasi muda yang mandiri dan sukses.

” Saya ingin generasi muda mulai bersikap kritis serta memiliki wawasan yang luas dalam pengembangan potensi, khususnya dalam menangkap berbagai macam peluang usaha, sekecil apapun peluang yang ada, harus dimanfaatkan hingga menjadi seseorang yang sukses dan berkualitas di usia muda,”saranya

Bupati Mas Sumatri juga menambahkan pemuda harus mempunyai jiwa interpreneur, karena kemandirian dan kebangkitan ekonomi Indonesia akan ditentukan oleh pemuda yang berjiwa pengusaha, untuk itu diperlukan tiga hal yang harus dimiliki oleh Pemuda untuk memenangi “pertarungan” di era Revolusi Industri 4.0

“Disinilah peran pemuda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan. Saya juga harap pemuda membawa ide-ide segar, pemikiran-pemikiran kreatif dengan metode thinking out of the box yang inovatif, dimana dengan kata lain pemuda diharapkan menjadi pemimpin masa depan yang Iebih baik,”harapnya.

Dirinya juga menegaskan melaIui Tagline “Karangasem, the Spirit of Bali” yang sudah terbukti ampuh menjadi pembangkit semangat dan inspirasi masyarakat diharapkan adanya sinergitas pembangunan yang selaras dan sejalan.

“Mari kita bergandengan tangan, bersatu padu, bekerja sama antara pemerintah, aparat keamanan, masyarakat, organisasi massa, juga pemuda dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Karangasem menuju Karangasem yang Cerdas, Bersih dan Bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana,”tegasnya.

Secara khusus Bupati Mas Sumatri menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara dari dewan pimpinan daerah wirausaha muda Nusantara Bali yang telah menyelenggarakan seminar motivasi nasional sebagai usaha untuk lebih memberikan gambaran tentang bagaimana membangun kemandirian pemuda Indonesia secara mental, wawasan dan keuangan serta menyadarkan para pemuda Karangasem untuk dapat memberi pengabdian dan hasil karya yang terbaik buat Kabupaten Karangasem tercinta.

Di akhir sambutannya Bupati Mas Sumatri berharap kepada seluruh peserta seminar agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, tekun dan tertib, seminar ini juga diharapkan bisa menjadi awal bagi para pemuda pemudi di Kabupaten Karangasem untuk mewujudkan pemuda yang sukses dan mandiri di era millenial ini.( rls/igs/bas/tim/bpn)