Sabtu, April 20, 2024
BerandaNewsBupati Sanjaya Berharap Koperasi Jadi Partner Pemerintah Pulihkan Ekonomi

Bupati Sanjaya Berharap Koperasi Jadi Partner Pemerintah Pulihkan Ekonomi

TABANAN, balipuspanews.com – Koperasi memiliki peran yang sangat penting dalam pemulihan ekonomi, terlebih di situasi pasca pandemi Covid-19.

Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M berharap keberadaan Koperasi di Kabupaten Tabanan bisa menjadi partner pemerintah dalam memulihkan situasi ekonomi.

Hal tersebut terungkap saat pihaknya menghadiri undangan Puncak Hari Ulang Tahun Koperasi ke-75 di Tingkat Kabupaten Tabanan yang berlangsung di Gedung Kesenian, I Ketut maria Tabanan, Selasa (12/7/2022) pagi.

Puncak acara tersebut juga dihadiri oleh Sekda, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Kepala OPD terkait, Pimpinan Bank di Wilayah Kabupaten Tabanan, Ketua Dekopinda dan juga dihadiri oleh seluruh perwakilan anggota koperasi se-Kabupaten Tabanan.

Hari Ulang Tahun Koperasi Nasional tahun 2022 yang mengambil tema, Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan dan Tema di tingkat Daerah yakni, Pemulihan Ekonomi Kedaulatan Pangan dan Energi Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), menjadi sangat penting dan strategis serta relevan untuk memajukan koperasi.

Sebab diperlukan Tindakan kongkrit untuk transofrmasi total, baik dalam cara pandang maupun dalam mengelola koperasi secara baik dan benar.

BACA :  Tingkatkan Optimalisasi Peran Organisasi Bagi Masyarakat, DWP Denpasar Kaji Tiru ke Yogyakarta 

Dekopinda di Kabupaten Tabanan, sebagai lembaga yang mewadahi gerakan koperasi yang memiliki fungsi dan tugas sebagai penunjang kerja Pemerintah dalam tugas dan kegiatannya selalu berada dan bersama dengan koperasi dalam segala kegiatan, terutama yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM koperasi, perlindungan, pemberdayaan, penguatan melalui kebersamaan dan gotong-royong.

Terlebih di Kabupaten Tabanan, Perayaan HUT Koperasi mengambil tema Pemulihan Ekonomi Melalui Kedaulatan Pangan dan Energi Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

Bupati Tabanan, Sanjaya, sampaikan apresiasi dan ungkapan selamat bagi Gerakan Koperasi Indonesia yang telah mencapai usia 75 tahun, di mana di titik ini menandakan kematangan dalam berorganisasi dan kemampuan menjawab berbagai tantangan jaman.

“Saya atas nama Pemkab Tabanan, mengucapkan Selamat Hari Koperasi ke 75, kepada para Pembina, Pengurus dan Pengelola serta seluruh Anggota Koperasi di manapun berada. Semoga Koperasi semakin berkualitas, berdaya saing dan mandiri,” ucapnya.

Tema yang diambil Dekopinda tahun ini juga diakui sangat sepaham untuk Tabanan Era Baru, termasuk dalam Visi Tabanan yang pertama yakni Ketahanan Pangan, Sandang dan Papan.

BACA :  Kesiapsiagaan Wilayah Terhadap Bahaya Kebakaran, Pemkab Badung Bentuk Relawan Kebakaran

Secara Kuantitatif, Bagi Sanjaya, Perkembangan Koperasi di Tabanan ini sudah meningkat begitu pesat. Hingga bulan Juni 2022, telah tercatat Jumlah Koperasi yang beroperasi sebanyak 574 Koperasi dengan jumlah anggota 92.350 orang di Kabupaten Tabanan.

Dari jumlah tersebut, banyak koperasi yang telah maju dan memberikan manfaat bagi anggota serta masyarakat di sekitarnya. Terutama masyarakat yang menggiatkan sektor pertanian dan pangan di Tabanan.

“Saya berterima kasih kepada kawan-kawan penggerak, penggiat dan pengusaha koperasi yang selama ini sudah membantu perekonomian sektor riil khususnya di Tabanan.

Yang paling mendasar adalah pergerakan koperasi, sebagai bagian sokoguru perekonomian kita, ketahanan paling akhir sektor ekonomi ini adalah koperasi. Patut kita berikan terima kasih kepada kawan-kawan yang menggerakkan koperasi selama ini,” ujar Sanjaya.

Pihaknya juga berharap agar peringatan Hari Ulang Tahun ini dapat dijadikan gerakan bersama mendorong pembangunan Koperasi agar tumbuh sejajar dengan badan usaha lain. Serta memiliki sensitifitas tinggi dalam pengembangan usaha dan memanfaatkan kemajuan teknologi.

I Nyoman Wirna Ariwangsa, Selaku Ketua Dekopinda menyampaikan, serangkaian kegiatan menuju Puncak acara HUT ke-75 telah dilakukan termasuk di antaranya, gerakan kebersihan, Rakerda Koperasi, Workshop tentang Advokasi dan Presentasi masalah Koperasi, sembahyang bersama, bakti sosial hingga gerak jalan santai.

BACA :  Bandara Ngurah Rai Layani 1.059.069 Penumpang Selama Libur Lebaran

Pihaknya menyampaikan, keberhasilan koperasi untuk dapat tumbuh dan berkembang di Tabanan, tidak terlepas dari dukungan dan komitmen dari pemerintah Kabupaten Tabanan khususnya Bupati Tabanan dan jajarannya.

“Selama ini Bupati Tabanan selalu mendukung kita ke depan, mengingat ancaman yang dihadapi semakin berat, namun masih ada harapan dan peluang untuk kita terus berkembang.

Untuk itu, kami selalu mohon dukungan dan bantuan dari Bapak Bupati dan Kerjasama dari semua pihak, sehingga kami koperasi di Tabanan bisa memberikan kontribusinya dalam mendukung Visi Bupati menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani,” Ariwangsa menyampaikan.

Pihaknya meyakini, dengan dukungan, kerja keras dan disiplin kerjasama, cita-cita membangun Tabanan Era Baru bisa diwujudkan.

“Atas semua kebijakan Bapak Bupati selama ini yang telah memberikan kondisi iklim yuang kondusif bagi koperasi, maka kami koperasi di Tabanan uccapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sekali lagi,” ujarnya.

Penulis : Kadek Adnyana

Editor. : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular