Rabu, April 17, 2024
BerandaNewsBupati Sanjaya Buka Festival Ogoh-ogoh Singasana 2024, Usung Pelestarian Adat, Seni, dan...

Bupati Sanjaya Buka Festival Ogoh-ogoh Singasana 2024, Usung Pelestarian Adat, Seni, dan Budaya Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com– Komitmen Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M, dalam mendukung serta memfasilitasi kreatifitas dan inovasi seni generasi muda di Tabanan direalisasikannya melalui Festival Ogoh-ogoh Singasana Tahun 2024.

Dibuka dengan penuh sukacita dan semangat riang gembira, event seni dan budaya ini diikuti oleh ratusan peserta dan disaksikan ribuan masyarakat yang nampak memadati seputaran areal Gedung Kesenian I Ketut Maria, Taman Bung Karno hingga Jalan Gajah Mada, Tabanan, Sabtu (24/2/2024).

Festival tahunan ini, merupakan inisiasi langsung dari orang nomor satu di Tabanan yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Terutama Sekaa Yowana yang mengikuti perlombaan ogoh-ogoh, di mana penilaiannya telah dimulai sejak tanggal 22 Februari dan dilaksanakan hingga 26 Februari 2024 selama 5 hari.

Saat itu juga turut menyaksikan parade, salah satu anggota DPR RI, wakil bupati Tabanan, ketua DPRD Kabupaten Tabanan beserta anggota, jajaran forkopimda, sekda, para asisten, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, camat Tabanan, perbekel serta bendesa adat setempat juga para tokoh masyarakat.

BACA :  Bupati Giri Prasta Terima Audiensi 53 Perbekel dan Bendesa Se-Kabupaten Klungkung

Pelaksanaan Festival Ogoh-Ogoh Singasana Tahun 2024 bedasarkan lomba yang diselenggarakan sebagai pilot project Kecamatan Tabanan ini mengambil tema “Nyomya Bhuta Kala Nyanggra Nawa Warsa caka 1946 Nyujur Paduraksa Jayaning Singasana”.

Diikuti oleh 12 peserta dari 12 desa dinas yang ada di Kecamatan Tabanan. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan pada 23 Februari lalu, para pemenang lomba telah ditentukan. Di mana juara pertama diraih oleh Yowana dari Desa Subamia yang memenangkan hadiah sebesar 10 juta rupiah.

Kemudian juara kedua, yakni Yowana Desa Delod Peken dengan hadiah sebesar 7,5 juta rupiah dilanjutkan dengan juara ketiga, yakni dari Yowana Desa Denbantas dengan hadiah sebesar 5 juta rupiah. Selanjutnya pada festival kali ini akan ditentukan kejuaraan khusus dari Juri kehormatan, yakni kategori juara terfavorit pilihan Bupati Tabanan, Juara terunik pilihan Ketua DPRD Kabupaten Tabanan dan juara terkreatif pilihan wakil bupati Tabanan, di mana masing-masing juara akan mengantongi hadiah sebesar 5 juta rupiah.

Bupati Sanjaya di kesempatan itu, memberikan apresiasi yang sangat baik atas turut serta seluruh lapisan masyarakat dalam memeriahkan kegiatan tahunan dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi ini.

BACA :  Ribuan Tokoh Kecamatan Kubu Dorong Suyasa “Tantang" Gede Dana dalam Pilkada Karangasem

Pihaknya juga seraya mengucapkan terima kasih kepada kepala dinas kebudayaan, bendesa adat, tokoh-tokoh serta seluruh pihak terkait karena terselenggaranya parade ogoh-ogoh yang sudah lama dinantikan oleh masyarakat Tabanan.

“Kita di Pemerintah Era Baru ini, bahwa setiap tahun ada 12 bulan, banyak parade yang akan kita lakukan, seperti kemarin ada lampion dan parade nusantara, parade Imlek dan lain-lain. Semua kita parade-kan, sehingga masyarakat Tabanan menjadi riang gembira, menyambut Tabanan Era Baru ini. Bagaimana tugas pemerintah untuk menghibur masyarakat, sehingga masyarakat dan anak-anak menjadi riang gembira, dengan pemerintah juga melaksanakan pelestarian adat, agama dan seni budaya,” ujar Sanjaya penuh semangat.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan, I Made Yudiana juga menyampaikan terselenggaranya festival ini merupakan peran serta dan inisasi yang luar biasa dari Bupati Tabanan.

“Mewakili para yowana, kami menghaturkan terima kasih yang tidak terhingga kepada bapak bupati atas ruang, waktu dan pendanaan yang telah diberikan. Sehingga kreatifitas anak muda di Tabanan dapat terwadahi seperti saat ini,” jelasnya.

BACA :  Terlibat Penyalahgunaan Narkoba, Peternak Ayam Diamankan

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini, yakni untuk memberikan apresiasi atas kreatifitas seni generasi muda, melestarikan adat seni dan budaya dan juga mempererat hubungan generasi muda, khususnya Sekaa Teruna di Tabanan. Dalam memeriahkan kegiatan ini, di seputaran Taman Bung Karno juga dilaksanakan berbagai pameran UMKM dan aneka kuliner, juga disediakan hiburan seperti joged, pementasan seni hingga penampilan grup band mulai dari 22 hingga 25 Februari 2024.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular