Bupati Sedana Arta Sebut HAN Sebagai Momentum Cetak Generasi Mempuni di Jaman Digitalisasi

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha bersama Wabup Wayan Diar saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional di Alun-alun Kota Bangli. (Istimewa)
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha bersama Wabup Wayan Diar saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional di Alun-alun Kota Bangli. (Istimewa)

BANGLI, balipuspanews.com – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menghadiri Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Forum Anak Daerah Kabupaten Bangli, bertempat di Panggung Utama Alun-alun Kota Bangli, Sabtu (30/7/22).

Acara dibuka dengan penampilan tari condong dari siswa SLB N 1 Bangli, tari puspanjali dan fashion show dari siswa Bali Bilingual School.

Selain dibuka dengan berbagai kegiatan, dalam acara tersebut juga dirangkai dengan penyerahan bantuan kursi roda kepada penyandang disabilitas serta bantuan sembako kepada warga kurang mampu.

Ketua Panitia Perayaan Anak Nasional Tahun 2022 Kabupaten Bangli Pande Ketut Aditya Suryantara menyampaikan, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2022 Forum Anak Daerah Kabupaten Bangli di bawah naungan Dinas Sosial P3A mengadakan sebuah acara yang mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Disebutkan, tujuan dari acara ini adalah untuk mengembangkan kreativitas anak-anak Indonesia khususnya anak-anak Bangli agar menjadi generasi yang cerdas, berkualitas, adab, dan inovatif.

Di samping juga untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak di daerah Bangli untuk mengembangkan kemampuan mereka dengan mengeksperesikan diri, menyampaikan pendapat, mengembangkan pemahaman mereka mengenai wawasan tentang pemenuhan hak anak, serta memberikan kesempatan untuk ikut berkompetisi dan meraih prestasi.

“Kegiatan yang dilaksanakan di Alun-alun kota Bangli ini dimulai dari Selasa, 26 Juli sampai dengan Sabtu, 30 Juli 2022 dengan jenis kegiatan yang dilombakan meliputi lomba mewarnai (tingkat TK a – b), lomba busana adat ke Pura (tingkat SD kelas 1,2,3,4), lomba story telling (tingkat SD kelas 4,5,6), lomba Tik Tok challenge (tingkat SMP – SMA), dan lomba akustik (tingkat SMP – SMA). Peserta kegiatan melibatkan seluruh sekolah tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK se-Kabupaten Bangli,” ujarnya.

Bupati Sedana Arta menambahkan, Hari Anak Nasional adalah momentum penting untuk menumbuhkan generasi bangsa yang mumpuni di masa digitalisasi dewasa ini.

Momentum Hari Anak Nasional juga merupakan peringatan besar bagi semua sebagai orang tua untuk memberikan hak dan kewajiban terhadap anak.

“Setiap orang tua menginginkan hadirnya seorang anak sebagai penerus keluarga, dan yang tidak boleh kita lupakan adalah anak merupakan titipan Tuhan yang wajib kita jaga, sehingga kita memiliki tugas mulia dari Tuhan untuk menjaga dan mendidik anak-anak kita dengan sebaik-baiknya.

Dalam menjaga dan mendidik anak inilah kita mendapat tantangan besar, sebab penjagaan dan pendidikan ditangan kita, karakter anak akan terbentuk sejak dini. Maka kita sebagai orang tua harus selalu memperhatikan tumbuh kembang anak baik dari segi kesehatan fisik maupun mental anak,” ucapnya.

Bupati Sedana Arta juga mengapresiasi kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Forum Anak Daerah Kabupaten Bangli. Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini semoga anak-anak di Kabupaten Bangli semakin kreatif, berkembang, serta nantinya mampu berkonstribusi bagi Kabupaten Bangli.

“Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2022, Anak Terlindungi Indonesia Maju,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Bangli Ida Ayu Gde Yudi Sutha merasa bangga, karena anak-anak Bangli mempunyai potensi yang sangat luar biasa.

“Hari ini saat Puncak Perayaan Hari Anak Nasional di Kabupaten Bangli membuktikan bahwa anak-anak kita mampu berkreatifitas, mereka hanya perlu diberikan ruang untuk berkreativitas. Pemerintah Kabupaten Bangli khususnya Bapak Bupati Bangli melalui Bangli Era Baru sangat memotivasi bakat-bakat terpendam anak-anak Bangli untuk muncul bersaing dengan anak-anak lainnya. Mari bersama majukan anak kita, lindungi anak-anak kita sebagai pewaris yang akan membangun bangsa ke depan,” ujarnya.

Penulis : Komang Riski

Editor : Oka Suryawan