Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat melakukan Sosialisai Peningkatan Konsumsi Ikan

SINTANG, balipuspanews. com – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat melakukan Sosialisai Peningkatan Konsumsi Ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) Kamis (4/4) di SDN 01 Sintang.

Sosialisasi Peningkatan Konsumsi Ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) ini dihadiri oleh Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med, PH, dan dibuka oleh Ketua Harian FORIKAN, Ir. Herti Herawati, MMA. Acara ini turut dimeriahkan oleh pelajar dari  SD 01, SD 02, SD 05, SD 06, SD 08, SD 21 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Sintang dan SD Pancasetya yang diawali dengan penampilan drumband  persembahan dari  drumband “Kelangsang” SDN  08 Sintang dan drumband “Ngelabok” SDN 23  Menyumbung. Ada pula persembahan lagu “Gemarikan” dari para pelajar. Total pelajar yang hadir yaitu sebanyak 176 siswa.

sewa motor matic murah dibali

Menurut Ir. Herti Herawati, MMA, konsumsi ikan untuk Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2017 masih rendah yaitu 38,91 kg perkapita pertahun. Angka ini masih dibawah target Nasional yaitu 40 kg perkapita per tahun.

Pada kesempatan ini ia mengatakan bahwa saat ini FORIKAN belum terbentuk di Kabupaten Sintang oleh karena itu, kampanye makan ikan belum sampai ke sendi-sendi kehidupan yang terkecil terutama tingkat keluarga.

Bupati Sintang dr. Jarot Winarno, M.Med, PH mengajak anak-anak untuk mengonsumsi ikan dan omega 3 setiap hari karena sangat penting bagi pertumbuhan.

Menurut Kepala Sekolah SDN 01 Sintang, Junaidah terdapat 22 siswa yang tidak suka mengonsumsi ikan, mereka dipilih untuk mengikuti kegiatan ini, diharapkan dengan kegiatan Sosialisai Peningkatan Konsumsi Ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) ini, siswa tersebut dapat tertarik untuk mengonsumsi makan ikan. Upaya yang dapat dilakukan untuk menarik minat anak agar mau mengonsumsi ikan misalnya mengolah makanan dalam bentuk cemilan.

Pada puncak acara dilakukan pembagian tas sekolah dan makanan olahan dari ikan kepada pelajar perwakilan dari SD 01, SD 02, SD 05, SD 06, SD 08, SD 21 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Sintang dan SD Pancasetya Sintang oleh Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med, PH. (art/bpn/tim)

Tinggalkan Komentar...