SINGARAJA, balipuspanews.com — Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST (PAS) menyerahkan sebanyak 112.417 menyerahkan Kartu Indonesia Sehat ( KIS) kepada warga masyarakat di wilayah kekuasaannya.

 

Penyerahan KIS yang merupakan Program Universal Health Coverage ( UHC) ini di pusatkan di Desa Bengkel Kecamatan Busungbiu, Senin (25/2).

 

Bupati Suradnyana menyerahkan secara simbolis kepada lima orang warga perawakilan dari penerima KIS. Kehadiran Bupati Suradnyana didampingi Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Buleleng, Gede Sandhiyasa, S.Sos, M.Si  dan Camat Busungbiu, Gede Putra Aryana, S.Sos ,MAP.

 

Dalam kesempatan tersebut  Bupati PAS menyampaikan, penyerahan kartu KIS ini atau UHC merupakan program  nasional. serta sebagai  komitmen Pemerintah dalam program jaminan kesehatan serta memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat dari pemerintah pusat melalui pemerintah daerah di masing – masing wilayah.

“Ini merupakan sebuah komitmen pemerintah daerah dalam upaya meningkatakn kualitas kesehatan masyarakat,” kata Bupati Suradnyana.

Imbuh Bupati Suradnyana, ia berharap,  dengan pembagian kartu KIS yang telah di terima oleh masyarakat terdistribusi dengan baik sampai kepada yang berhak menerima, sehingga kartu KIS dapat berguna dan dimanfaatkan dengan sebaik baiknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

”Program JKN  KIS ini besar manfaatnya kepada masyarakat yang membutuhkan demi mewujudkan masyarakat yang sehat,” jelasnya.

Bupati Suradnyana pun mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya serta memanfaatkan halaman rumah untuk menjadikan tanaman obat yang bisa dibuat menjadi obat herbal.

”Kalau kita mau, tanaman obat juga bisa membuat kesehatan kita menjadi prima seperti sambiroto yang luar biasa manfaatnya,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Gede Sandhyasa, S.sos, M.Si melaporkan KIS yang di serahkan kepada masyarakat  merupakan program dari Universal Health Coverage  yang fungsinya untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat.

Adapun jumlah warga  yang menerima KIS UHC 2019 di Kabupaten Buleleng sebanyak 112.417 jiwa meliputi 9 Kecamatan, diantaranya, Kecamatan Gerokgak  14.189 jiwa, Seririt  8.526 jiwa , Banjar 8.786 jiwa, Buleleng 8.268 jiwa, Sukasada 9.220 jiwa, Sawan 22.281 jiwa, Kubutambahan 15.737 jiwa, Tejakula 14.564 jiwa dan Kecamatan Busungbiu sebanyak 7244 jiwa