Bupati Suwirta Panen Perdana Hidroponik Masuk Keluarga Miskin

Bupati Suwirta melakukan panen perdana sayur tanaman hidroponik masuk keluarga miskin di rumah Wayan Merta
Bupati Suwirta melakukan panen perdana sayur tanaman hidroponik masuk keluarga miskin di rumah Wayan Merta

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan panen perdana sayur Pakcoy (sawi sendok) hasil bantuan hidroponik masuk keluarga miskin di rumah Wayan Merta,36, di Dusun Takedan, Desa Selat, Kabupaten Klungkung, Kamis (10/12/2020).

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida, Camat Klungkung Ketut Ari Gunawan, serta instansi terkait lainnya.

Bupati Suwirta berharap hasil panen sayur hidroponik untuk keluarga miskin ini bisa dikonsumsi untuk kebutuhan pangan setiap hari. Dengan hasil kualitas yang cukup baik, produk yang dihasilkan selain di konsumsi untuk kebutuhan dapur keluarga, bisa dijual ke tetangga.

“Selain dikonsumsi pribadi, sayur ini juga bisa dipasarkan ke tetangga sehingga mendapatkan hasil dari penjualan sayur,” ucap Bupati Suwirta saat panen sayur.

Bupati Suwirta juga berharap dari hasil yang diperoleh bisa dikembangkan untuk menambah lahan sehingga menghasilkan lebih banyak.

“Kalau dilihat dari hasil yang dipanen, tentu kurang dari hasil maksimal, tetapi saya mengajarkan bagaimana warga kita menghargai dari yang kecil, tidak ada sesuatu yang langsung menjadi besar. Inilah konsep memberikan kail bukan ikan, tetap bersemangat untuk menanam, hargai yang kecil, suatu saat yang besar pun akan diterima,” ujar Bupati Suwirta.

Sedangkan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida mengatakan, dari 100 bantuan hidroponik yang disaluran, semuanya membuahkan hasil. Pihaknya berharap dari hasil panennya bisa memenuhi kebutuhan pangan sehari-harinya, sehingga tidak membeli sayuran.

“Dengan lahan berdiameter 1×3 meter dengan 60 lubang tanam, sayur hidroponik milik Wayan Merta panen dengan berat 14 kg,” ujar Juanida.

Sementara itu, Wayan Merta,36, mengucapkan terimakasih, atas bantuan yang diberikan. Dirinya mengaku akan lebih serius menekuni sayur hidroponik ini, sehingga bisa menambah penghasilan untuk keluarga.

“Terimakasih atas bantuan alat hidroponik yang diberikan Pemerintah Kabupaten Klungkung kepada saya,” ucap Merta.

Penulis/Editor : Roni/Budiarta