Bupati Suwirta pergoki Truck pengangkut pasir penambang pasir ilegal
Bupati Suwirta pergoki Truck pengangkut pasir penambang pasir ilegal
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memergoki aksi penambangan pasir ilegal di sisi selatan dan utara jembatan eks galian C desa Gunaksa Jumat (18/10) pagi.

Terlihat dua buah mobil truk tengah terparkir di area eks galian C dengan tanda tanda sedang melakukan penambangan pasir. Aksi penambang liar ini tidak sengaja terpantau langsung Bupati Suwirta saat melintasi Baypass IB Mantra wilayah Desa Gunaksa, sesaat setelah membuka kegiatan Gerakan Bali Resik Sampah Plastik di Pelabuhan Kampung Kusamba Kecamatan Dawan.

Melihat aksi ini Bupati Suwirta langsung menghentikan laju kendaraannya disisi timur jembatan panjang sungai unda, lanjut mengontak Satuan Polisi Pamong praja Klungkung untuk mengambil tindakan atas aksi pelangaran ini.

Kepada Katatpol PP Putu Suarta Bupati Suwirta perintahkan untuk mengejar pelaku yang berada jauh disisi selatan dan utara jembatan. Namun sayang kehadiran personil Satpol PP tercium oleh para penambang liar sehingga ketika para aparat sampai dilokasi, para pelaku sudah tidak ada. Hanya tertinggal dua buah truk yang berisi muatan pasir.

Sebuah mobil ditinggalkan dalam keadaan terkunci, sedangkan sebuah mobil lainnya tidak terkunci sehingga para aparat dapat memeriksa kedalam truk dan menemukan STNK kendaraan truk tersebut. Karena tidak menemukan pelaku, personil SatpolPP lanjut menggembosi seluruh ban kendaraan sebagai bentuk peringatan.

Atas kondisi tersebut selanjutnya Bupati Suwirta perintahkan KasatpolPP untuk memasang portal di pintu masuk area eks Galian C Gunaksa sehingga akan menyulitan oknum oknum yang ingin melakukan penambangan pasir liar.

Selanjutnya supaya dilakukan pengawasan/patroli rutin siang dan malam diarea tersebut. Kepada para pelaku yang akan mengambil STNK kendaraannya supaya dikenakan sangsi Tindak Pidana Ringan (TIPIRING). (Roni/bpn/tim)