Senin, Oktober 26, 2020
Beranda Bali Klungkung Bupati Suwirta Restui Penggunaan Sebagian Lahan Untuk Jalan Menuju Pura Kawitan Kebon...

Bupati Suwirta Restui Penggunaan Sebagian Lahan Untuk Jalan Menuju Pura Kawitan Kebon Tubuh Gelgel

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan pengecekan lahan disisi Barat GOR Swecapura yang dimohonkan oleh Pengempon Pura Kawitan Kebon Tubuh sebagai akses jalan menuju ke Pura Kawitan Kebon Tubuh Desa Gelgel, Klungkung, Sabtu (1/8).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KONI Klungkung, I Wayan Subamia, perwakilan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga serta para prajuru pura setempat.

Klian pura Kawitan Kebon Tubuh Desa Gelgel Nengah Sudarmaja menjelaskan selama ini pemedek/umat yang bersembahyang ke Pura ini selalu melalui area GOR Swecapura.

Namun karena mendengar adanya rencana Pemkab Klungkung akan membangun Gedung Serba Guna di area yang biasa dilalui pemedek, untuk itu pihaknya mengajukan permohonan lahan sebagai jalan menuju pura.

Nengah Sudarmaja menambahkan, Pura Kawitan Kebon Tubuh Desa Gelgel menyelenggarakan Pujawali setiap Anggara Kasih Medangsia.

Pengempon pura berjumlah sebanyak 43 Kepala Keluarga (KK) yang berasal dari Desa Gelgel dan sekitarnya, namun pada setiap Pujawali selalu dihadiri oleh umat dari luar Kabupaten Klungkung.

Menanggapi permohonan tersebut, Bupati Suwirta pun memutuskan untuk mengizinkan penggunaan sebagian lahan disisi barat sebagai jalan akses umat Semeton Kebon Tubuh untuk menuju pura.

Keputusan ini diambil mengingat kebutuhan lahan untuk usulan pembangunan Balai Serbaguna dari KONI Klungkung, tidaklah banyak. Jalan bagi pemedek ini rencananya akan dibuat permanen sehingga umat merasa nyaman melewatinya.

Mendapat jawab tersebut, para pengempon dan prajuru yang hadir langsung menyampaikan terima kasih kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan KONI Klungkung selaku pihak pengelola GOR Swecapura.

Penulis/Editor : Roni/Oka Suryawan

- Advertisement -

Diduga Sopir Mengantuk, Mobil Pick Up Oleng Seruduk Mobil Avanza Parkir

BANGLI, balipuspanews.com – Akibat mengantuk dan hilang konsentrasi, mobil Pick Up bernopol DK 9670 KZ, yang dikendarai Kocong, 42, Pria asal Desa Songan B,...

Tak Hiraukan Teguran, Pabrik Penyulingan Daun Cengkeh Akhirnya Ditutup Paksa

Sebuah tempat usaha penyulingan daun cengkeh yang berada di Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada ditutup paksa oleh tim Satpol PP Kabupaten Buleleng. Hal itu dilakukan sebab pemilik tempat tidak menghiaraukan teguran petugas, sehingga Pol PP lalu bertindak tegas menutup paksa usaha penyulingan daun cengkeh yang beroperasi dan dianggap menimbulkan polusi udara.
Member of