Buruh Las Lalai Potong Kabel Listrik , Toko Mandala Terbakar

Kebakaran nyaris ludeskan Toko Mandala Jaya, Klungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com -Kebakaran hampir saja meludeskan Toko Mandala yang ada dipusat Kota Semarapura,Klungkung. Kejadian yang sempat mengebohkan warga yang sedang nonton persiapan malam Festival Semarapura ini dibuyarkan dengan adanya raungan sirene mobil Damkar Klungkung pada Selasa 10 Desember 2019 sekitar pukul 20.10 Wita.

Kapolsek Klungkung Kompol Nyoman Suparta,SH membenarkan adanya toko yang nyaris ludes terbakar dengan TKP Toko UD Mandala Jaya yang beralamatkan di Jalan  Diponogoro No 56 Kelurahan Semarapura Kelod Kangin Kec/Kab Klungkung.

Adapun pemilik Toko bernama Made Suartana (64) sedangkan saksi saksi yang mengetahui kejadian tersebut  adalah Saksi Pak Ladri (46) seorang Pedagang

Yang beralamat di jalan Nakula Kelurahan Semarapura Kelod Kangin,Klungkung dan Saksi Pak Candra (56) Wiraswasta beralamat di jalan Nakula No 3 Kelurahan Semarapura Kelod Kangin ,klungkung.

Menurut Kapolsek Klungkung, Kompol Nyoman Suparta menuturkan  Kronologis kejadian bermula sekitar pukul 20.00 Wita Saksi Pak Ladri (46) yang kesehariannya berjualan di Pasar Senggol Jl Nakula tepat di sebelah barat Toko UD Mandala Jaya melihat percikan api di lantai dua bangunan Toko UD Mandala Jaya yang kondisinya dalam tahap perbaikan.

Melihat kejadian tersebut saksi Pak Ladri (46)  berteriak bahwa ada kebakaran yang sontak warga masyarakat sekitar TKP menjadi gaduh.

Suasana gaduh tersebut didengar oleh Saksi Pak Candra (56) ( pemilik toko Pasifik yang berjarak 15 meter dari TKP  dan kebetulan  saksi Pak Candra (56) masih ipar dengan korban).

Melihat terjadi kebakaran tersebut saksi  Pak Candra (56) segera menelpon pihak pemadam kebakaran.

“Kemudian sekitar Pukul 20.15 Wita Petugas pemadam kebakaran dengan kekuatan 3 unit mobil damkar dan 10 personil petugas damkar  beserta anggota polsek Klungkung dan Polres tiba di TKP dan bersama melakukan tindakan pemadaman api. Dengan dibantu oleh petugas Satpol PP Kab Klungkung sekitar 20.menit api bisa dipadamkan,”Ujar Kompol Nyoman Suparta tegas..

Ketika wartawan menemui Pemilik Toko UD Mandala Jaya ,Made Suartana(64) Alamat : Jl Diponogoro No 56 Kelurahan Senarapura Kelod Kangin Kec/Kab Klungkung menyebutkan siangnya ada pekerja yang melakukan las ditokonya dan sempat ada kabel terbakar namun saat itu sudah disiram air.

Namun tiba tiba malam hari ada api mendadak tersembul dibekas terbakar saat ngelas siangnya.

“Saat terjadi kebakaran korban lagi menonton TV  bersama istrinya di lantai l dan sama sekali tidak mengetahui kejadian kebakaran tersebut. Kerugian yang ditimbulkan tidak ada korban jiwa dan korban materi karena percikan api belum sempat membakar meterial yang ada di dalam bangunan .

Kebakaran kemungkin disebabkan oleh kelalian pekerja  Las siangnya ada pemutusan dan pemotongan kabel listrik dan Las besi , sehingga sementara,diduga percikan api dari kabel listrik yang dipotongnya,”ujar Made Suartana  ,pemilik toko menyayangkan kejadian tersebut.(Roni/BPN/tim)