Jumat, Juni 21, 2024
BerandaJembranaCalon Pegawai Kontrak Satpol PP Jembrana di Tes Urine

Calon Pegawai Kontrak Satpol PP Jembrana di Tes Urine

JEMBRANA, balipuspanews.com– Adanya oknum eks pegawai kontrak di Satpol PP Pemkab Jembrana yang tertangkap membawa narkoba jenis sabu-sabu membuat rekrutmen tenaga kontrak di OPD Penegak Perda itu diperketat.

Salah satu cara yang ditempuh guna menyeleksi calon pegawai kontrak bebas narkoba adalah dengan menggelar tes urine.

Tes urine yang dilakukan bekerjasama dengan RSU Negara di kantor Satpol PP itu juga dipantau oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. Bahkan Bupati Tamba ikut tes urine untuk membuktikan dirinya bersih dari narkoba dan juga sebagai contoh bagi peserta tes.

Ada 172 orang pegawai kontrak yang sebelumnya bertugas di Satpol PP yang kontraknya sudah habis ikut tes urine untuk persyaratan memperpanjang kontrak.

Kasat Pol PP Jembrana, I Made Leo Agus Jaya mengatakan test urine sebagai bagian dari persyaratan perpanjangan kontrak di Satuan Pol PP Jembrana.

Test itu diluar tes kesamaptaan, akademis, wawancara, pembinaan mental dan fisik.

“Nanti jika hasil sudah keluar dan menunjukkan hasil negatif narkotika baru kita serahkan SK (Surat Keputusan) kontraknya,” ungkapnya.

BACA :  Taman Penasar “Ceraken” Duta Denpasar Sukses Tampil Memukau di Ajang PKB XLVI

Leo menuturkan terdapat 172 tenaga kontrak di Pol PP Jembrana yang mengikuti ten urine ini.

“Ada 172 tenaga kontrak yang ikut tes urine dan nanti setiap awal tahun pada saat perpanjangan kontrak akan dilakukan tes urine kembali,”  tandasnya.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba yang hasil test urinnya negatif menjelaskan pelaksanaan test urine juga wujud komitmennya dalam pemberantasan narkoba di lingkup Pemkab Jembrana sekaligus memberi contoh kepada seluruh pegawai dilingkungan Pemkab Jembrana.

“Rekan-rekan Pol PP Jembrana adalah petugas penegakan Perda dan selalu ada di lapangan. Untuk itu hari ini, dibuktikan dan dimulai dari Satuan Pol PP Jembrana yang melaksanakan tes urine sebagai bentuk komitmen memerangi narkoba,” jelasnya.

Tamba menegaskan tidak ada untungnya menggunakan narkoba, yang ada hanya menyengsarakan diri sendiri.

“Selain sakit juga berhadapan dengan hukum. Jadi jangan sekali-sekali bersentuhan dengan barang itu,” tegasnya.

Terkait pelaksanaan tes urine bagi tenaga kontrak di instansi lainnya, Bupati Tamba menyebut tentu hal itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

BACA :  Diserang DB, Anak 6 Tahun di Klungkung Meninggal

“Jadi nanti tidak hanya tenaga kontrak, tes urine juga akan dilakukan kepada ASN lainnya di lingkungan Pemkab Jembrana,”pungkasnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular