Car Free Day di Singaraja, Dishub Masih Tunggu Izin Dari Satgas

Aktivitas car free day di Jalan Ngurah Rai, Kota Singaraja (Kominfo)
Aktivitas car free day di Jalan Ngurah Rai, Kota Singaraja (Kominfo)

BULELENG, balipuspanews.com – Usai beberapa Minggu lalu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana sempat memberikan sinyal positif terkait pelaksanaan car free day (hari bebas kendaraan) yang biasa berlangsung setiap hari Minggu pagi di Kota Singaraja.

Kini Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng masih menunggu izin resmi yang dikeluarkan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan mengatakan pelaksanaan car free day yang dulu biasa dilakukan di sepanjang Jalan Ngurah Rai atau di areal Taman Kota Singaraja, Buleleng tersebut telah lama ditutup sejak 2020 lalu saat kasus Covid-19 sedang tinggi.

Namun belakangan ini Bupati Buleleng juga telah memberikan lampu hijau sebagai sinyal positif terkait hal itu. Namun Gunawan menyebutkan karena secara teknis car free day memang menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan pihaknya kini hanya menunggu izin resmi dari Satgas.

Disamping itu pun mengaku telah menerima banyak permintaan dari masyarakat agar car free day bisa segera kembali digelar. Namun ditekankan lagi olehnya bahwa jika Satgas mengeluarkan edaran maka car free day pun siap digelar kembali.

“Kami mengira Satgas masih harus memenuhi beberapa regulasi. Seperti melihat sekarang PPKM level berapa, apa yang harus dilihat, supaya tidak salah,” ujar Gunawan, Selasa (28/6/2022).

Disisi lain, salah seorang warga bernama Ni Kadek Diana Kusuma Dewi selaku warga yang tinggal di Kota Singaraja sangat berharap jika kegiatan yang beberapa tahun lalu sering dirinya ikuti dan banyak warga yang memanfaatkan untuk berolahraga serta bisa sebagai acara rekreasi akhir pekan agar segera dilaksanakan kembali.

Selain itu dirinya menilai ketika car free day bisa terlaksana kembali bisa menjadi ajang UMKM atau pedagang kaki lima berjualan sehingga perekonomian bisa berputar. Apalagi sekarang kasus Covid-19 di Buleleng telah melandai dan aktivitas masyarakat kini mulai normal.

“Kalau kita lihat kan beberapa event juga sudah terlaksana seperti adanya acara konser di Gedung Kesenian kemudian ada di RTH Bung Karno jadi harapan saya apalagi kegiatan kan di ruang terbuka sepertinya sudah bisa dilaksanakan kegiatan car free day ini,” terang Diana.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version