Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Covid-19

Download dan cek sertifikat Vaksin Covid-19 di situs pelindunglindungi.id
Download dan cek sertifikat Vaksin Covid-19 di situs pelindunglindungi.id

balipuspanews.com-Di tengah pelaksanaan PPKM, sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama menjadi salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki agar bisa melakukan perjalanan jauh dengan transportasi umum.

Syarat ini diberlakukan untuk menekan mobilitas masyarakat di tengah lonjakan kasus positif harian di Indonesia yang sempat menyentuh angka 50 ribu per hari.

Coba cek persyaratan penerbangan terbaru naik pesawat saat PPKM darurat dan mungkin seterusnya (tergantung keputusan pemerintah) wajib menunjukkan sertifikasi vaksin.

Jika tidak punya, jangan harap Anda bisa terbang karena petugas berhak melarang Anda masuk ke area check in jika dokumen yang diperlukan tidak terpenuhi.

Berbagai Cara Download Sertifikat Vaksin

Bagi Anda yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama, cara mendapatkan sertifikat vaksin sangatlah mudah. Anda bisa akses website Pedulilindungi.id untuk mendownload sertifikat Anda.

Namun perlu diketahui jika sertifikat ini tidak langsung muncul di hari pertama sejak vaksinasi. Anda harus menunggu 2-3 hari terlebih dahulu agar sertifikat tersedia atas NIK And.

Tidak perlu bingung karena cara download sertifikat vaksin sangatlah mudah. Berikut penjelasannya untuk Anda.

1. Lewat SMS dari Pedulilindungi
Bagi Anda yang sudah melakukan vaksinasi, Anda akan mendapatkan SMS dari 1199 yang mengabarkan jika sertifikat vaksin Anda sudah tersedia dan bisa didownload.

Dalam SMS tersebut aka nada link ke sertifikat vaksin Anda di situs PeduliLindungi.

Cara download sertifikat vaksin Covid-19 dari SMS 1199 adalah sebagai berikut.

  • Klik link yang terdapat pada SMS tersebut Masuk ke Peduli Lindungi.
  • Jika Anda belum ada akun, buatlah akun di PeduliLindungi terlebih dahulu dengan memasukkan nama, nomor ponsel dan alamat email
  • Lengkapi akun Anda dengan memasukkan nomor NIK
  • Lalu pilih tab Sertifikat dan klik pada vaksin pertama, sertifikat Anda akan terlihat disana
  • Klik tombol Unduh Sertifikat untuk menyimpan sertifikat tersebut di ponsel maupun laptop Anda
  • Selesai

Mudah sekali kan? Jika Anda butuh untuk mencetaknya, Anda tinggal mengambil file di laptop atau ponsel, lalu print agar bisa dibawa saat bepergian dengan transportasi umum.

2. Lewat Situs PeduliLindungi
Selain melalui SMS, Anda juga bisa langsung ke situs resmi pedulilindungi.id untuk mendownload sertifikat vaksinasi Anda.

Untuk bisa mengaksesnya, Anda harus sudah punya akun dulu di PeduliLindungi. Jika belum, silakan register karena caranya sangatlah mudah.

Jika sudah punya akun, berikut cara download sertifikat vaksin dari situs pedulilindungi.id.

  • Login dengan memasukkan nomor ponsel atau email yang didaftarkan
    Setelah itu klik pada menu profil di sudut kanan atas.
  • Lalu pilih menu Sertifikat Vaksin
    akan terlihat sertifikat vaksin pertama dan kedua Anda di layar
  • Klik Unduh Sertifikat untuk menyimpannya ke dalam ponsel maupun laptop Anda
  • Selesai

Sama seperti cara pertama di atas, jika ingin mencetaknya Anda tinggal mengambil file tersebut dari ponsel atau laptop Anda, lalu print. Praktis sekali bukan?

Sekilas tentang Sertifikat Vaksin

Sertifikat vaksin adalah tanda jika Anda sudah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan dosis kedua.

Semua jenis vaksin yang digunakan di Indonesia, baik itu Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm akan mendapatkan sertifikat yang hanya bisa didapatkan lewat website Pedulilindungi.id.

Sertifikat ini memuat data sensitif, seperti nomor NIK, nama dan tanggal lahir, nomor sertifikat vaksin, tanggal mendapatkan vaksin dan juga kode QR.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menghimbau kepada semua masyarakat yang sudah punya sertifikat ini untuk tidak membagikannya secara online untuk melindungi data pribadi masing-masing dan menghindari penyalahgunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini karena semenjak sertifikat vaksin jadi syarat perjalanan jauh dengan transportasi umum, banyak oknum nakal yang memanfaatkannya untuk menipu orang lain dan menjual sertifikat vaksin palsu.

Baik penjual maupun pembeli bisa dijerat hukuman penjara dan denda lho!

Nah itulah tadi informasi mengenai cara mudah download sertifikat vaksin untuk berbagai keperluan yang bisa Anda lakukan.

Sekali lagi Anda harus ingat untuk tidak membagikan screenshot atau bahkan sertifikat asli ke sosial media maupun channel lain karena sertifikat ini bersifat pribadi dan memiliki banyak data sensitif yang rentan disalahgunakan orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika sudah punya sertifikat vaksin, Anda bisa melakukan perjalanan dengan pesawat, kereta api dan juga bus dengan lebih tenang.

Anda tinggal beli tiketnya di Traveloka dan berangkat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini karena meski sudah divaksin namun bukan berarti Anda kebal terhadap virus ini.

Anda masih bisa terpapar karena antibodi yang belum terbentuk sempurna jika masih menerima suntikan dosis pertama.

Ikuti prokes yang ditetapkan di bandara, stasiun maupun bus agar perjalanan Anda tetap nyaman, tidak terganggu dan juga aman. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Penulis : Gde Candra
Editor : Oka Suryawan