Cegah Corona, BRSUD Tabanan Telah Terbitkan Aturan Bangsal Rawat Inap

Hand Sanitizer kian diketatkan
Hand Sanitizer kian diketatkan di BRSUD Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com – Guna mencegah  wabah Corona Badan  Rumah  Sakit Umum Daerah (BRSUD) Kabupaten Tabanan menerbitkan surat edaran tentang Ketentuan Bangsal Rawat Inap Tanggap Darurat Corona Virus Disease (Covid-19) .

Hal tersebut diungkapkan Direktur BRSUD Tabanan dr. I Nyoman Susila, M.Kes., kepada awak media ini melalui apklikasi wa, Selasa (24/3). Disebutkannya, surat edaran bernomor: 445/ 1024/ DAL/ BRSUD ini berlaku mulai minggu lalu atau tepatnya mulai Senin, 16 Maret 2020.

“Surat edaran tentang Ketentuan Bangsal Rawat Inap ini sudah kami berlakukan sejak Senin, 16 Maret 2020 minggu lalu,” ungkapnya.

Terkait dengan surat edaran yang dimaksudkannya, Susila menyebutkan memuat sembilan poin. Pertama, mulai Senin (16/3) BRSUD Tabanan memberlakukan tidak ada waktu kunjung pasien atau besok.

Selanjutnya, penunggu pasien di ruang rawat inap maksimal dua orang per hari dan diberikan kartu tunggu. Pasien tidak diperkenankan dijenguk kecuali dalam kondisi khusus atau kritis.

“Khusus penunggu pasien di IRD hanya satu orang, kecuali pasien keadaan kritis,” jelasnya.

Susila menambahkan, dalam surat edaran tersebut juga dimuat bahwa semua penunggu pasien wajib cuci tangan sebelum, selama dan sesudah masuk rawat inap dan IRD dengan hand sanitizer yang disediakan dan selalu berprilaku hidup bersih dan sehat.

Ditambahkannya, bagi penunggu pasien yang mengalami panas badan, batuk dan pilek diharapkannya segera berobat dan tidak diperkenankan menunggu pasien. Setiap kepala ruangan diwajibkan menyampaikan informasi ini kepada keluarga pasien yang sedang dirawat.

“Surat edaran tersebut juga memuat bahwa petugas admisi baik diunit admisi maupun di IGD turut berkewajiban menginformasikan ketentuan ini kepada keluarga pasien baru saat pemberitahuan general consent. Termasuk juga perintah bagi tenaga satpam kami untuk selalu siap di pintu masuk ruang rawat inap dan IGD,” tutupnya. (Rah/BPN//tim)