14/08/2020, 11:13 AM
Beranda Bali Tabanan Cegah Covid-19, Desa Adat Abiantuwung Gelar Razia Masker

Cegah Covid-19, Desa Adat Abiantuwung Gelar Razia Masker

TABANAN, balipuspanews.com – Desa Adat Abiantuwung, Kecamatan Kediri Tabanan bisa disebut sebagai salah satu desa adat yang gigih melakukan pencegahan covid-19. Terbaru, desa adat ini menggelar razia masker bagi seluruh warganya.

“Ya, sejak dua minggu lalu kami gencar melakukan razia masker,” ungkap Bendesa Adat Abiantuwung I Gusti Made Darma, ST., Minggu (2/8).

Dihubungi via telepon seluler pribadinya Dharma mengatakan razia masker ini telah berlangsung dari dua minggu. Adapun sasarannya semua warga Abiantuwung, baik warga lokal maupun warga pendatang yang bermukim di wilayah tersebut. Termasuk juga tamu atau orang luar yang berkunjung ke wilayah Desa Adat Abiantuwung.

Dijelaskannya, razia masker ini melibatkan sekitar seratus petugas. Terdiri dari berbagai unsur, seperti Satgas gotong royong, prajuru desa adat dan banjar adat se-Abiantuwung dan dari unsur Babinkamtibmas serta Babinsa. Petugas terbagi pada sepuluh titik.

“Selain unsur-unsur tersebut dalam gelar razia masker ini kami juga dibantu oleh mahasiswa KKN Universitas Udayana. Adapun untuk satgasnya diketuai I Wayan Sudana, SH,” jelasnya.

Darma menjelaskan dari razia masker yang digelarnya ini, pelaku pelanggaran sangat minim. Artinya kesadaran warga Abiantuwung dalam penggunaan masker sangat tinggi.

Khusus kepada warga yang ditemukan melanggar, pihak Desa Adat Abiantuwung hanya memberikan pembinaan. Untuk warga lokal atau warga pendatang yang bermukim di wilayah Abiantuwung disuruh balik.

“Sedangkan bagi tamu atau warga luar yang berkunjung ke Abiantuwung diminta pulang dan tidak boleh masuk ke wilayah Abiantuwung tanpa memakai masker,” imbuhnya.

Razia masker ini juga disebutkannya akan berlangsung secara rutin hingga kondisi benar-benar aman dari mewabahnya virus corona atau covid-19. Ia juga berharap agar seluruh krama Desa Adat Abiantuwung selalu mengikuti himbauan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Saya himbau agar krama semua selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, mengedepankan pola hidup bersih dan sehat dan upaya-upaya lain untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona,” tutupnya.

Penulis : Ngurah Arthadana

Editor : Oka Suryawan 

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Status Tersangka, Ribuan Orang Tanda-tangan Petisi Bebaskan Jerinx SID yang Ditahan di Polda Bali

DENPASAR, balipuspanews.com - Penahanan pengebuk drum Superman Is Dead Gede Ari Astina alias Jetinx SID di Polda Bali menggoncangkan dunia maya. Ribuan orang menandatangi...