Cegah Pencemaran Lingkungan dan Kawasan Kumuh, Karangasem Tambah 4 IPAL Komunal

Kabid Cipta Karya PUPR Perkim Karangasem, Ketut Prama Budarta
Kabid Cipta Karya PUPR Perkim Karangasem, Ketut Prama Budarta

KARANGASEM, balipuspanews.com – Tahun 2022 ini, dua Kelurahan dan dua Desa di Kabupaten Karangasem mendapat bantuan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal.

Bantuan IPAL Komunal yang dianggarkan melalui dana alokasi kusus (DAK) tersebut masing-masing akan dibuat di wilayah Kelurahan Padangkerta, Desa Bebandem, Kelurahan Subagan dan Desa Nyuh Tebel.

Kabid Cipta Karya PUPR Perkim Karangasem, Ketut Prama Budarta, Kamis (26/5/2022) mengatakan, pembuatan IPAL Komunal tersebut merupakan upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan kawasan kumuh di Karangasem.

“IPAL Komunal ini seperti membuat Saptic Tank berukuran besar dengan kapasitas untuk minimal 50 KK, seluruh limbah rumah tangga baik gree water dan balck water seperti air sabun, kotoran hingga air limbah dapur disedot lalu ditampung ke dalam IPAL Komunal,” jelas Budarta.

Baca Juga :  Ini Dia Identitas Kapal Yang Terlibat Insiden Tabrakan dengan Jukung Nelayan di Perairan Kubu

Sejauh ini sudah ada 36 IPAL Komunal yang dibuat dan tersebar disejumlah wilayah seperti kawasan perkotaan di Kabupaten Karangasem. Menurut Prama, kawasan perkotaan atau kawasan padat penduduk cukup rawan terjadi pencemaran lingkungan apabila limbah rumah tangga tidak ditangani secara tepat.

“Jadi semuanya termasuk yang akan dibuat total jumlahnya menjadi 40 IPAL yang ada di Karangasem, untuk tahun ini merupakan usulan pada tahun 2020, karena saat itu kena refocusing sehingga tahun 2022 ini buru bisa dilaksanakan,” kata Prama.

Sementara itu, untuk pengelolaannya sendiri, rencananya akan dikerjasamakan dengan masyarakat yang ada di Desa masing-masing.

Apabila nantinya IPAL tersebut penuh, maka akan disedot dan dibawa ke instalasi pengelolaan limbah terpusat yang ada TPA Linggasana untuk nantinya diolah sehingga air yang tercemar bisa dimurnikan kembali.

Baca Juga :  Optimalkan Kerja Sama, Tim BPBD Audensi ke Kantor Basarnas Bali

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan