Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Adat Karangasem Keluarkan Surat Edaran Larangan Judi Sabung Ayam

Desa adat Karangasem keluarkan edaran larangan tajen untuk cegah covid-19
Desa adat Karangasem keluarkan edaran larangan tajen untuk cegah covid-19

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dalam rangka mengantisipasi dan mengamankan warga dari penyebaran Covid-19, Desa Adat Karangasem, Karangasem, Bali mengeluarkan surat edaran berupa larangan perjudian sabung ayam (Tajen/Gocekan).

Hal ini dibenarkan oleh Bendesa Adat Karangasem, Drs I Wayan Bagiarta ketika dikonfirmasi media ini, Senin (7/9/2020).

“Ya, benar Desa Adat keluarkan surat edaran, karena peningkatan krama Desa maupun Masyarakat yang terpapar Covid-19, sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi,” jelas Bagiarta via WhatsApp.

Dalam surat edaran tersebut dituliskan beberapa hal salah satunya terkait Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang sangat cepat dan mematikan dan sementara ini sesuai data resmi dari pemerintah terus meningkat khususnya di Kabupaten Karangasem, juga menimbang pada sulitnya menjaga protokoler kesehatan Covid-19 pada tempat kerumunan masa sabungan ayam (tajen), disamping sebagai pelanggaran hukum (KUHP), maka dipandang perlu untuk lebih berwaspada diri demi kepentingan kesehatan bersama semua Masyarakat Desa Adat Karangasem khususnya, Masyarakat Bali dan Indonesia pada umumnya.

Dijelaskan Bagiarta, dengan adanya surat edaran tersebut, untuk tindak lanjutnya saat ini, sementara pecalang masih berkoordinasi bersama Satgas gotong royong Covid-19, Babinkamtibmas, dan Babinsa untuk turun kelapangan melakukan sosialisasi dan pendekatan secara persuasif kepada pihak-pihak terkait.

Namun apabila upaya pendekatan secara persuasif ini tidak juga dipedulikan maka, menurut Bagiarta dari pihak Prajuru Desa sendiri akan membuat Surat Laporan Resmi kepada Kepolisian agar ditindak lanjuti.

PENULIS : Gede Suartawan

EDITOR : Oka Suryawan