Sabtu, April 20, 2024
BerandaGianyarCegah Penyebaran PMK, Pemkab Gianyar Mulai Lakukan Vaksinasi

Cegah Penyebaran PMK, Pemkab Gianyar Mulai Lakukan Vaksinasi

GIANYAR, balipuspanews.com – Semenjak Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terdeteksi di Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, vaksinasi untuk mencegah penyebaran mulai dilakukan.

Kamis (7/7/2022), vaksinasi dilakukan di dua tempat yakni Simantri Desa Temesi dan Simantri Desa Medahan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, saat ditemui di Simantri Desa Temesi mengatakan bahwa vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah penyebarluasan wabah PMK.

“Dengan ditemukannya 17 kasus jadi kita bergerak cepat, pertama adalah kita secara transparan mengungkapkan kepada Provinsi bahwa kita paling pertama melaporkan secara riil kejadian PMK yang ada,” ujarnya.

Dilanjutkan Wisnu Wijaya, pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap kantong-kantong yang rawan terjadinya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ini.

“Kita ada dua tempat yang memang perlu menjadi perhatian khusus, pertama adalah Simantri ini dan kedua yakni tempat penampungan hewan yang akan dijual ke luar daerah,” katanya.

Menurut Sekda Wisnu Wijaya, hewan ternak yang datang bukan saja dari wilayah Kabupaten Gianyar namun juga terdapat dari daerah-daerah lainnya dan perlu untuk dilakuka pengawasan.

BACA :  Jalur Pelintas Amblas Diterjang Banjir, Belasan Warga Nyaris Terisolir

“Untuk pasar sesuai arahan dari provinsi bahwa kita harus menyetop pasar-pasar hewan, kita sudah stop pasar hewan yang ada di Semabaung. Jadi itu untuk aktivitas jual beli hewan itu kita sudah stop dari kemarin,” ucapnya.

Untuk vaksinasi PMK ini dilakukan pertama mulai Kamis (7/7/2022) ini. Dimulai dari Desa Temesi dan Desa Medahan, Gianyar.

“Kita sudah sediakan sebanyak 1000 dosis vaksinasi PMK,” tandasnya.

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular