Cek Harga Bapok di Pasar Jungke, Puan Ingin Kebijakan Pemerintah Terasa di Lapangan

Ketua DPR RI Dr.(H.C) Puan Maharani, Rabu (27/4/2022) blusukan di Pasar Jungke, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Selain meninjau kondisi pasar, Puan juga ingin memastikan harga bahan pokok (bapok) stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri. (Foto: KWP)
Ketua DPR RI Dr.(H.C) Puan Maharani, Rabu (27/4/2022) blusukan di Pasar Jungke, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Selain meninjau kondisi pasar, Puan juga ingin memastikan harga bahan pokok (bapok) stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri. (Foto: KWP)

KARANGANYAR, balipuspanews.com – Ketua DPR RI Dr.(H.C) Puan Maharani pagi ini, Rabu (27/4/2022) blusukan di Pasar Jungke, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Agenda utama Puan di Pasar Jungke adalah meninjau kondisi pasar dan harga bahan pokok (bapok) jelang Hari Raya Idul Fitri.

Tak sendirian, Puan juga didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Di Pasar Jungke, Puan berdialog dengan sejumlah pedagang. Puan ingin memastikan apakah kebijakan Pemerintah Pusat dalam menstabilkan harga terasa langsung di lapangan.

Yanti, pedagang yang sudah 17 tahun berjualan di Pasar Jungke melaporkan harga minyak goreng ke Puan.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Pelayanan Masyarakat, Pegawai Diajak Terus Berinovasi

“Ini ‘artisnya’ (adalah) minyak goreng. Sekarang Rp 17.500,-. Sempat waktu itu kepala 2 (puluhan ribu lebih),” ujar Yanti.

Seorang pembeli Pasar Jungke, Siti, juga mengeluhkan harga telur yang naik jelang Lebaran.

“Kalau mau hari Raya ya belanjanya buat kue kue, belanja telur. Telur biasanya Rp 18.000 – 19.000 sekarang udah Rp 26.000,” keluh Siti.

Di hadapan Puan, baik Yanti maupun Siti berharap harga-harga kebutuhan pokok bisa terkendali jelang Lebaran ini.

Dalam agenda kunjungan ke Pasar Jungke, Puan ingin memastikan apakah kebijakan Pemerintah Pusat dalam menstabilkan harga terasa langsung di lapangan.

“Turun ke lapangan, lihat langsung masalahnya, dan kita dorong Pemerintah supaya ada solusi kebijakannya. Jangan sampai kebijakan yang dibuat di Pusat untuk menstabilkan harga, tidak terasa dampaknya di lapangan,” kata Puan.

Baca Juga :  Dorong Ketahanan Pangan, Desa Sibang Gede Abiansemal Terima Bantuan Bibit Cabai

Setelah meninjau beberapa kios sembako, Puan menuju los daging di area belakang Pasar Jungke. Di los daging, Puan bertemu dengan Sri Rezeki, penjual bakso. Sri dan penjual daging mengaku penjualan daging jelang Idul Fitri cenderung baik dan laku. Setelah berbincang, Puan pun langsung memborong bakso yang juga dijual di kios Sri Rezeki.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan