Selasa, Maret 19, 2024
BerandaBulelengCelukan Bawang Bakal Diusulkan Jadi Kawasan Penyangga Pariwisata 

Celukan Bawang Bakal Diusulkan Jadi Kawasan Penyangga Pariwisata 

Singaraja, balipuspanews.com — Kawasan Celukan Bawang dan sekitarnya akan diusulkan sebagai kawasan penyangga pariwisata.

Rencana tersebut disampaikan oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana setelah melihat semakin banyaknya kapal pesiar mulai berlabuh pada pelabuhan menyandang status bongkar muat barang tersebut.

Bupati asal Desa Banyuatis tak menampik jika Celukan Bawang merupakan kawasan industri seperti tertuang dalam Perda nomor 16 tahun 2009 tentang RTRW Provinsi Bali.

Meski demikian, sesuai dengan perkembangan terkini, Perda tersebut  kurang efektif lagi, sehingga perlu ditinjau kembali.

“Kenyataannya pelabuhan Celukan Bawang ini juga merupakan pelabuhan pariwisata. Memang kontra produktif ketika pelabuhan Celukan Bawang ini dijadikan basis industri jika dihubungkan dengan pariwisata. Pariwisata dekat dengan eco tourism, tapi kalau industri, maaf ya, rasanya dekat dengan perusakan lingkungan,” ungkap pria akrab disapa PAS, belum lama ini.

Nah, melihat kenyataan tersebut, PAS berencana akan segera mengusulkan kepada Pansus untuk merevisi Perda tentang RTRW Bali, dan memasukkan wilayah Celukan Bawang dan sekitarnya sebagai kawasan penyangga pariwisata.

BACA :  Lakukan Normalisasi Sungai di Kalibukbuk, PUTR Singgung Letak Pemukiman Warga

“Ya ini sejalan dengan perkembangan  rute kapal pesiar dengan skala lebih besar bermuatan ribuan orang, maka kami akan usulkan kepada Pansus untuk merevisi Perda tentang RTRW Bali agar memasukkan wilayah Celukan Bawang sebagai kawasan penyangga pariwisata,” jelasnya.

Sekedar diketahui, data Dinas Pariwisata Buleleng, pada tahun 2017, sebanyak 15 kapal pesiar berpenumpang wisatawan mancanegara, dengan ukuran panjang mencapai 225 meter lebih telah bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang. Sedangkan untuk tahun 2018 ini, sebanyak 17 kapal pesiar rencananya akan kembali menurunkan wisatawan untuk menikmati sejumlah destinasi wisata yang ada di Bumi Panji Sakti.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular