Kamis, Maret 28, 2024
BerandaDenpasarCar Free Day di Denpasar Kembali Dibuka

Car Free Day di Denpasar Kembali Dibuka

DENPASAR, balipuspanews.com – Setelah sempat dihentikan selama dua tahun lebih, Car Free Day (CFD) di Denpasar kembali digelar. Pemkot Denpasar melalui Dinas Perhubungan melaksanakan uji coba pelaksanaan Car Free Day (CFD) di dua kawasan tersebut, Minggu (11/9/2022).

Keduanya yakni kawasan Lapangan Puputan Niti Mandala Renon dan di kawasan Taman Kota Lumintang.

Di hari pertama pelaksanaan uji coba car free day ini masyarakat cukup antusias memanfaatkan momen ini untuk berolahraga hingga bersepeda. Salah seorang masyarakat mengikuti CFD, Wayan Agus Pratama menyambut gembira dibukanya kembali car free day ini.

“Saya sering olahraga ke sini pagi dan sore setiap hari. Dengan adanya car free day ini suasananya jadi lebih meriah dan bisa lebih leluasa berolah raga tanpa was-was,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan mengatakan pelaksanaan car free day ini digelar menyusul melandainya kasus Covid-19 di Denpasar.

Sehingga memungkinkan untuk dilaksanakan kegiatan dengan mobilitas massa yang banyak.

“Sekarang Denpasar sudah zona hijau dan ada beberapa wilayah yang masih zona kuning. Kami ingin uji coba dulu hari ini,” kata Sriawan.

BACA :  Berikan Rasa Aman, Ketua DPRD Karangasem Dukung OPS Ketupat Agung 2024

Setelah dilakukan uji coba ini, pihaknya mengaku akan membuka secara resmi minggu depan. Pelaksanaan car free day ini merupakan wahana bagi masyarakat berolahraga, sehingga tercipta warga Denpasar Sehat. Selain juga bertujuan untuk mengurangi polusi udara.

Dalam pelaksanaan selanjutnya pihaknya akan terus melakukan penjagaan dengan melibatkan berbagai stakeholder.

Dimana, hari ini petugas yang melakukan penjagaan di Lapangan Renon sebanyak 60 petugas dari Dinas Perhubungan, Kepolisian hingga petugas Linmas Desa Sumerta Kelod. Sementara untuk di Lumintang dikerahkan sebanyak 20 personel atau petugas.

“Seiring dengan melandainya kasus dengan status Denpasar PPKM Level 1, serta untuk menghilangkan kejenuhan masyarakat, maka CFD yang merupakan program Pemkot Denpasar kembali dibuka. Namun demikian masyarakat yang datang ke CFD tetap diimbau agar tetap menerapkan Prokes, dan Uji Coba pertama berjalan dengan lancar,” ujar Sriawan.

Penulis: Gde Candra

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular