Anak sekolahan dilibatkan dalam pameran Gempar
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Gianyar, balipuspanews.com – Serangkaian puncak acara pengembangan minat dan budaya baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar (Dispusar) menggelar acara Pameran Arsip Statis “Gempar” Gerakan Masyarakat Peduli Arsip.

Pameran Gempar dibuka Asisten 1 Setda Kabupaten Gianyar, I Wayan Suardana di Balai Budaya Gianyar (4/10).

Pameran Gempar menampil 113 arsip poto, poster, dan film dokumenter Arsip Dispusar Gianyar. Pembukaan Pameran Gempar berlangsung di Balai Budaya Gianyar, dilanjutkan pelaksanaannya hingga tanggal 5 Nopember 2018 di Kantor Dispusar Gianyar. Pemeran dibagi kedalam kelompok, yakni Pemerintahan Gianyar dari masa ke masa, Bali Tempo Doelu, dan Pemutaran Film Dokumenter.

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Gianyar, Dewa Gde Putra Amarta menyampaikan pelaksanaan Pameran Gempar sebagai media sosialisasi, informasi dan edukasi bagi masyarakat tentang arti penting arsip.

Arsip memiliki arti dan fungsi penting, dalam pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan, pembuktian dan bahan penelitian.

“Kita ingin mengajak semua pihak untuk selalu sadar dan peduli akan arsip, karena arsip akan sangat menentukan keberlangsungan pembangunan untuk kita dan generasi yang akan dating”, ungkap mantan Kadis Peternakan Gianyar.

Dewa Amarta menambahkan selain pembukaan Pameran Gempar, juga dilaksanakan puncak acara Pengembangan Minat dan Budaya Baca berupa penyerahan hadiah dan penampilan para pemenang lomba. Adapun lomba yang dilaksanakan diantaranya, lomba menggambar, bercerita, metembang, serta resensi buku.

Bupati Gianyar, Made Mahayastra dalam sambutannya dibacakan Asisten 1 Setda Kabupaten Gianyar,, I Wayan Suardana menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perpsutakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar beserta jajaran yang telah melakukan terobosan dalam meningkatkan budaya baca dan budaya sadar dan peduli arsip di Kabupaten Gianyar.

Program dan kegiatan yang telah berjalan dengan baik agar digemakan dan digelorakan keseluruh lapisan masayarakat. Kedepan pelaksanaan agar pula sejalan dengan visi-misi pemerintahan terwujudnya masyarakat Gianyar yang bahagia, sejahtera, aman dan damai, mandiri, berintegritas berlandasakan Tri Hita Karana melalui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana.

Made Wiswani Wacika siswa SMA N 1 Gianyar selepas mengunjungi Pameran Gempar menyampaikan mendapat banyak informasi tentang apa itu arsip, fungsi dan kegunaanya.

“Ternyata arsip memiliki arti penting bagi kehidupan kita, selepas menyaksikan pameran kita menjadi sadar bahwa banyak informasi yang bisa kita gali, kita lebih bisa memvisualisasikan imajinasi kita dengan bukti autentik yang bisa dilihat secara langsung”, terang Wacika.

Disisi lain,  sampai saat ini Gianyar memiliki 369 Unit Perpustakaan terdiri dari 70 unit Perpustakaan Desa/Kelurahan, 5 unit Perpustakaan Daerah, 3 unit Perpustakaan keliling, koleksi buku 686.294 judul buku, dengan rata-rata kungjungan keperpustakaan perbulan sebanyak 312.126 orang.

Dalam pelayanan kearsipan dilaksanan kegiatan penelususran arsip statis, pembinaan, penilaian, dan workshop bagi OPD dan pengelola arsip di tingkat desa dan kelurahan dengan terus mengupayakan penmabahan khasanah kearsipan Pemerintah Kabupaten Gianyar.(art/bpn/tim)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...