Selasa, Maret 19, 2024
BerandaBisnisCoHive-KOTRA Kolaborasi Kembangkan Ekosistem Startup di Indonesia dan Korea

CoHive-KOTRA Kolaborasi Kembangkan Ekosistem Startup di Indonesia dan Korea

Jakarta, balipuspanews.com -Operator coworking space terbesar di Indonesia, CoHive (Sebelumnya bernama COCOWORK) menjalin kolaborasi dengan Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA) dalam rangka mengembangkan ekosistem startup antara Indonesia dan Korea Selatan.

Kolaborasi antara dua pihak didukung oleh Kedutaan Korea Selatan di Indonesia. KOTRA dan CoHive juga telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) pada bulan September lalu ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan.

Co-Founder & Chief Strategy Officer (CSO) Ethan Choi berharap kolaborasi ini dapat menciptakan sinergi antara Indonesia dan Korea Selatan dengan berbagi pengetahuan dan kekuatan satu sama lain. Apalagi, Indonesia memiliki empat startup yang berhasil masuk dalam kategori ‘unicorn’ dalam kurang dari kurun lima tahun terakhir.

Maka, hal tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki peluang pasar terbesar dari seluruh negara di Asia Tenggara.

“Di sisi lain, kami berharap Korea Selatan dapat membantu Indonesia dalam pembangunan infrastruktur yang dapat menunjang pengembangan startup di Indonesia dengan kemajuan teknologi yang dimilikinya,” kata Ethan lewat keterangan tertulis, Jumat (22/12/2018).

BACA :  Polda Bali Imbau Warga Tetap Waspada di Tengah Cuaca Ekstrem

Usai nota kesepahaman berlaku, KOTRA dan CoHive telah secara aktif mempersiapkan proyek percobaan dengan mengundang entrepreneur dari Korea untuk datang ke Indonesia.

Para entrepreneur dari Korea mengikuti program bernama “Korea-Indonesia Entrepreneurs Camp”. Program ini berlangsung sejak tanggal 3 Desember hingga 27 Desember di Jakarta dan Bali.

Lewat akselerasi Ciputra Entrepreneurship Center (CEC) peserta program dari Korea akan belajar mengenai pasar di Indonesia dan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan startup asal Indonesia.

Para peserta yang berpartisipasi dalam program tersebut akan menikmati manfaat dari CoHive dan KOTRA. CoHive menawarkan para pesertadengan manfaat keanggotaan di coworking space milik CoHibe seperti harga yang menguntungkan. Sementara, KOTRA akan menawarkan layanan mentoring dan membantu mereka menghubungkan mitra bisnis lokal dan pemerintah.

“Ini adalah program kolaborasi resmi pertama kami antara Korea Selatan dan Indonesia. Kami tidak ingin program ini menjadi acara satu kali. Selanjutnya, kami bertujuan menjadikan ini sebagai acara rutin yang akan membawa pengusaha ke Indonesia dari luar negeri, tidak terbatas Korea Selatan,” kata Ethan.

BACA :  Cari Berkah BTV : Sule Kena Semprot Mimin Eva karena Beli Burung Opie Kumis

Direktur Utama KOTRA Kim Hyun A menjelaskan alasan pihaknya memilih CoHive untuk menjalin kolaborasi. Menurutnya, CoHive sebagai operator coworking space terbesar di Indonesia telah berhasil membangun komunitas startup terbesar di antara ruang coworking di Indonesia.

“Sepanjang kemitraan dengan CoHive, KOTRA bertujuan untuk membawa pengusaha Korea ke komunitas CoHive dan menjembatani komunitas startup dua negara,” kata Kim.

Salah satu agenda dalam program tersebut adalah para entrepreneur dari Korea melakukan persentasi terkait usaha mereka. Agenda ini dilaksanakan di kawasan Sanur, Bali pada 22 Desember. Agenda pertama sejak 3 Desember hingga 22 Desember mereka mendapatkan mentoring dari Andreas Bastedo. (rls/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular