Coklit Data Pemilih Pilkada Bangli Sudah Mencapai 67 Persen

I Wayan Sastra, anggota KPU Bangli
I Wayan Sastra, anggota KPU Bangli

BANGLI, balipuspanews.com – Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dilaksanakan secara serentak oleh Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Bangli dari tanggal (18/7/2020) lalu, hingga, Senin (3/8/2020) telah mencapai 67 persen.

Komisioner KPU Bangli I Wayan Sastra membenarkan hal itu ketika dikonfirmasi oleh media, ini Senin (3/8/2020).

“Berdasarkan laporan yang sudah disampaikan oleh PPS melalui PPK sampai hari ini Coklit sudah mencapai 67 persen,” jelasnya.

Sambung Sastra Puja, sebenarnya Coklit di lapangan sudah mencapai 80 persen. Namun, ada beberapa persen data yang masih dalam tahap penyusunan rekapitulasi.

Sementara itu, Sastra Puja menambahkan, persoalan yang ditemui oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) selama melakukan Coklit di lapangan diantaranya, ditemukannya beberapa persen warga yang telah meninggal masih terdaftar sebagai pemilih dan juga ditemukannya KK yang tidak sesuai.

“Untuk warga yang telah meninggal dan masih terdaftar, sudah ditindaklanjuti dengan proses pencoretan,” ujarnya.

Selain itu, Dirinya menginformasikan, untuk tahapan Pilkada sejauh ini baru sebatas pemutakhiran data pemilih.

Sedangkan, pada tanggal 28 Agustus dikatakan baru masuk tahap pencalonan partai politik maupun gabungan dari partai politik.

“Terkait hal itu kita sudah di sosialisasikan kemarin dengan mengundang Forkompinda, Muspika, dan Pimpinan Partai Politik yang ada di Kabupaten Bangli,” sebutnya.

Sastra Puja menegaskan, selama kegiatan Coklit berlangsung semuanya berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

PENULIS : Komang Rizki

EDITOR : Oka Suryawan