Selasa, Juli 23, 2024
BerandaBadungCorona, Jurusan Pariwisata Undhira Tetap Diminati

Corona, Jurusan Pariwisata Undhira Tetap Diminati

BADUNG,balipuspanews.com- Merebaknya virus corona yang menghantam dunia pariwisata tak memengaruhi minat calon mahasiswa baru mendaftar ke jurusan pariwisata. Seperti halnya
di Universitas Dhyana Pura (Undhira), Rabu (4/3), puluhan calon mahasiswa/i, silih berganti mendaftarkan diri atau sekedar mencari informasi.

Di antara 15 program studi (prodi) yang dikelola Undhira, prodi sarjana manajemen konsentrasi manajemen perhotelan, bisnis pariwisata dan keuangan memang menjadi primadona, meskipun situasi pariwisata sedang goyang, karena penyakit, bencana alam dan ancaman keamanan. Demikian dikatakan Kepala Bagian Humas dan Kesekretariatan Rektor Undhira I Putu Oka Widyantara.

Ia beralasan, pariwisata adalah sektor yang sangat luas. Sehingga sumber daya manusia dengan kompetensi pariwisata punya jangkuan karir yang luas, tidak hanya di Bali, tapi di berbagai belahan dunia. Prodi yang tak kalah unik yang dimiliki Undhira yakni Prodi Pendidikan Guru Pariwisata SMK.

“Mungkin kami satu-satunya perguruan tinggi di Bali yang mengelola prodi tersebut (Pendidikan Guru Pariwisata SMK,red),” katanya. Peminatnya pun kian meningkat signifikan dari tahun ke tahun.

BACA :  Polisi Gelar Patroli di Sepanjang Titik Rawan Kejahatan, Sasaran Bawa Sajam

Prodi unik lain yang dimiliki Undhira yakni Sarjana (S1) Rekam Medis. Para alumnus prodi ini telah terserap di berbagai rumah sakit. Ke depan, Undhira berencana mendirikan Prodi Magister Fisioterapi untuk memenuhi kebutuhan pasar, selain melengkapi S1 Fisioterapi yang telah ada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (FIKS).

Lebih lanjut, masih menurut Oka, Undhira menyediakan 850 kursi mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 ini. Pendaftaran secara manual dan online telah dibuka sejak Januari 2020. “Untuk pelamar yang meraih rangking 10 besar di sekolah masing-masing berdasarkan rapor smseter V, akan mendapat keringanan khsusus. Yang rangking 1-3 juga mendapat keringanan plus,” bebernya.

Untuk diketahui, Undhira Bali memiliki tiga fakultas. Di antaranya, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Humaniora (FEBH) terdiri dari prodi; S1 Manajemen, D4 Manajemen Perhotelan, D3 Manajemen Pemasaran Digital, S1 Akuntansi, S1 Pendidikan Guru SMK Pariwisata, S1 Pendidikan Guru PAUD, dan S1 Bahasa Inggris.

Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (FIKS) terdiri dari; S1 Fisioterapi, S1 Rekam Medis, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Gisi, S1 Biologi, dan S1 Psikologi. Sendangkan Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer (FTIK) mengelola prodi S1 Teknik Informatika dan Sistem Informasi. (bud/bpn/tim)

BACA :  Komit Bantu Warga, Wabup Suiasa Serahkan Bantuan Sebesar Rp 902 Juta di Badung Selatan
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular