Ucil tersangka pencurian ponsel diamankan Polsek Mengwi setelah sukses melakukan beberapa kasus pencurian
Ucil tersangka pencurian ponsel diamankan Polsek Mengwi setelah sukses melakukan beberapa kasus pencurian

MENGWI, balipuspanews.com – Sepandai-pandainya tupai melompat pasti pernah jatuh juga. Pribahasa yang pas menggambarkan kejahatan yang dilakukan Kadek Supartika alias Ucil, 30. Bagaimana tidak. Setelah berulang kali sukses melakukan pencurian, pria asal Banjar Dinas Sudamukti Desa Tingarsari Busungbiu Buleleng itu akhirnya meringkuk di tahanan Polsek Mengwi karena terlibat kasus pencurian handphone.

Menurut Kapolsek Mengwi Kompol I Gede Eka Putra Astawa, tersangka Ucil terlibat pencurian di warung Sayan Jaya di Banjar Dinas Delodan Desa Werdi Bhuwana Mengwi Badung, Sabtu (9/3/2020) sekitar pukul 17.00 Wita. Ia mencuri 1 buah handphone pemilik warung, I Ketut Murna,58.

“ Korban kehilangan handphone Oppo yang ditaruh di rak warung dalam keadaan terkunci dan uang tunai Rp 1,5 juta. Korban saat itu memandikan anaknya dibelakang warung,” ujar Kompol Astawa, Senin (30/3/2020).

Tanpa setahu korban, tersangka Ucil masuk ke warung yang saat itu sedang sepi. Ia kemudian merusak rak tempat korban menyimpan tas pinggang yang berisi uang dan HP. Selanjutnya ia kabur.

Hasil penyelidikan Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Mengwi dipimpin Kanitreskrim Iptu Ketut Wiwin Wirahadi, diperoleh informasi adanya transaksi handphone tanpa kotak di wilayah Desa Pedawa Banjar Buleleng.

Handphone tersebut diduga milik korban.

“ Anggota buser mengamankan pemegang handphone bernama Krisna. Saksi mengaku handphone itu dijual oleh tersangka Ucil,” terangnya.

Polisi kemudian mengejar tersangka Ucil asal dari Dusun Sudakmukti, Tingarsari Buleleng. Tepatnya Senin (20/3/2020), Polisi mendapat informasi tersangka bersembunyi di kawasan Jalan Veteran Singaraja Buleleng.

“ Dia kami tangkap di Jalan Veteran Buleleng. Ia mengakui perbuatannya,” ujar Kapolsek didampingi Kasubag Humas Polres Badung Iptu Ketut Gede Oka Bawa.

Saat dikeler ke Polsek Mengwi, tersangka Ucil mengaku pencurian yang dilakukannya di warung karena kebetulan melintas di TKP. Dia pura -pura beli rokok. Begitu mengetahui tidak ada orang  di warung, dia merusak rak warung dan mengambil isinya dan kabur.

Pengakuan tambahan, tersangka sering melakukan pencurian namun tidak pernah tertangkap. Ia pernah mencuri laptop di Seririt Buleleng April 2019 lalu dan mencuri 7 buah sertifikat tanah di Desa Pelapuan Busungbiu buleleng. (pl/tim/bpn)