Unit Reskrim Polsek kawasan Laut Gilimanuk mengamankan daging ayam dan bebek beku ilegal
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Jembrana, balipuspanews.com – Unit Reskrim Polsek kawasan Laut Gilimanuk mengamankan daging ayam dan bebek beku ilegal di Pelabuhan Gilimanuk, Minggu (15/4).

“Lantaran tanpa dokumen Sertifikat Kesehatan Karantina daging ayam dan daging bebek beku diamankan Unit Reskrim Polsek kawasan Laut Gilimanuk pada saat melaksanakan pemeriksaan di pelabuhan penyebrangan pintu masuk wilayah Bali. Hal ini berkat kerja keras dan ketelitian anggota kami,” kata Kapolsek Kompol I Nyoman Subawa, melalui Kanit Reskrim Akp I Komang Muliyadi, S.H.

Kali ini komoditi ilegal tersebut diperkirakan seberat 850 kilo gram yang dikemas dengan 17 box sterofoam dibawa dari Surabaya tujuan Mataram NTB diangkut dengan menggunakan kendaraan truck barang jenis isuzu, No. Pol.  L 9402 NO, yang dikemudikan oleh Dikson Pae, laki-laki (44 th) kelahiran Kupang Nusa Tenggara Timur.

“Kami tetap konsisten dalam pemeriksaan terhadap orang, kendaraan, barang serta dokumenya. Salah satu tujuannya adalah untuk menekan barang-barang ilegal atau barang-barang berbahaya lainnya keluar maupun masuk Bali bisa diminimalisir.” pungkas muliyadi.

Sesuai dengan UU RI No 16 Tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan. Bahawa setiap pengiriman hewan, ikan dan tumbuhan, bahan hewan, hasil bahan hewan, ikan dan tumbuhan dari satu pulau ke pulau lainya harus dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan dari daerah asal atau sertifikat kesehatan karantina hewan.

Dengan demikian, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, maka pengemudi dan kendaraan beserta barang muatannya kami amankan sementara di kantor Polsek Kawasan Laut Gilimanuk guna proses lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar...